Dihadapan OSO, Peserta LCC Nyatakan Niat Jadi Presiden

Jakarta, liputan.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, DR Oesman Sapta menyatakan bangga bisa berhadapan dan berdialog dengan 340 peserta Lomba Cerdas Cermat (LCC) Empat Pilar MPR RI tahun 2017 tingkat SMA yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia.

“Saya juga dari kampung karena lahir di tepi Pantai Sukadana, Kalimantan Barat,” kata Oesman, saat memberi pembekalan bagi peserta LCC, di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis 10 Agustus 2017 yang lalu.

Masa kecilnya di kampung, saat itu belum ada SMA. “Hari ini, saya bertatap muka dengan anak-anak SMA dari seluruh Indonesia. Peristiwa ini patut saya banggakan,” ungkap Oesman.

Menurut Wakil Ketua MPR RI ini, peserta LCC adalah anak-anak yang pintar. Meski pintar, OSO sapaan keren Oesman Sapta berharap para siswa mempunyai ketulusan. “Ketulusan tak akan terjadi bila tak mempunyai hati nurani,” tegasnya.

Karena itu, OSO berdoa dan berharap agar anak-anak muda ini menyiapkan diri jadi pemimpin. “Punya niat nggak jadi Presiden?” tanyanya.

Pertanyaan itu dijawab secara serempak oleh peserta LCC dengan mengatakan, “punya.”

OSO menegaskan kegiatan LCC tahun ini luar biasa. Persaingan nanti akan ketat. “Jadi jangan grogi dan minder. Jangan merasa dari daerah. Bangun mental dan kecerdasan sebagai orang kota. Kita anak kampung yang tinggal di kota,” ujarnya.

Ditegaskan agar peserta merasa mampu. Kemenangan yang diraih menurutnya untuk daerah, nusa, dan bangsa.

Selain itu, OSO juga mengingatkan seluruh peserta LCC akan bahaya narkoba. “Bila terkena narkoba nanti kalian akan berbohong pada orang tua, guru, teman, dan pada semua. Berbohong karena untuk mendapatkan kembali narkoba,” ucapnya.

Oleh karena itu, OSO mengungkapkan rasa syukurnya karena semua peserta LCC bersih dari narkoba. “Bila terkena narkoba akan membuat orang tua menderita. Jangan sekali-kali sakiti ibumu,” imbuhnya.

Komentar