DPD Desak Pemerintah Akomodir Usulan Pemekaran Daerah

Jakarta, liputan.co.id – Dalam rangka penataan daerah, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI telah menerima berbagai pandangan termasuk dari daerah-daerah yang mengharapkan adanya pemekaran daerah.

Hal itu dinyatakan Ketua DPD RI Oesman Sapta saat memimpin Sidang Bersama DPD RI dan DPR RI tahun 2017, guna mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo, di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (16/8/2017).

“DPD menghargai sikap pemerintah yang sangat hati-hati dalam pemekaran ini. Untuk itu, kami meminta pemerintah mengakomodir beberapa usulan pemekaran daerah, terutama yang dipertimbangkan berdasarkan kepentingan strategis nasional,” kata Oesman.

Bersamaan dengan itu, OSO sapaan beken Oesman Sapta juga menyampaikan aspirasi daerah terkait dengan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah.

“Pemilihan kepala daerah, diharapkan terlaksana lebih demokratis dengan cara menghindari politik uang dan kecurangan,” tegas Senator dari daerah Kalimantan Barat itu.

Kalau politik uang bisa dihindarkan lanjut, maka pilkada dapat dikatakan berlangsung secara efektif dan efisien.

Di bagian akhir pidatonya, OSO mengaku telah tercipta interaksi politik antarlembaga negara dan hubungan antara anggota DPD RI dan DPR RI yang semakin baik.

“Hubungan kelembagaan yang semakin baik itu tercermin dari mulai dilibatkannya DPD RI dalam pembahasan Prolegnas dan pembahasan beberapa RUU secara tripartit pada setiap tahun sidang, sebagaimana diamanatkan dalam Putusan Mahkamah Konstitusi. DPD RI juga akan terus memperkuat konsolidasi dan koordinasi dengan DPR RI dan MPR RI dalam mewujudkan konsep penataan ketatanegaraan yang lebih baik,” pungkasnya.

Komentar