oleh

Ingin Tahu Keberhasilan DPR, Menteri Susi Diminta Fadli Datang Ke Dewan

Jakarta, liputan.co.id – Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menyatakan masyarakat banyak yang belum paham dengan tugas dan fungsi Parlemen di Indonesia.

Karena itu menurut Fadli, DPR ini sering disalahpahami dengan mempersepsi bahwa DPR sama dengan pemerintah.

“Banyak kalangan masyarakat yang menyatakan bahwa DPR ini dianggap pemerintah, Artinya tugas dan fungsi DPR saja rakyat belum paham,” kata Fadli dalam acara peluncuran bukunya “Berpihak Pada Rakyat”, di Media Center DPR, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Kamis (8/2/2017).

Selain itu, Fadli juga merespon pertanyaan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melalui twitter yang mempertanyakan, apa keberhasil DPR? “Kalau ingin tahu, datanglah ke DPR akan saya tunjukkan segudang prestasi DPR, bukan prestasi saya ya, karena di DPR ini sifatnya kolegtif kolegial,” ungkap Fadli.

Baca Juga :   Paripurna Setujui 3 RUU Usul Inisiatif DPR

Dia jelaskan, tugas DPR itu membuat undang-undang bersama pemerintah, pengawasan dan menyusun anggaran pendapatan dan belanja negara. “Rancangan undang-undang dan Rancangan APBN juga banyak datang dari pemerintah,” ujarnya.

Di dalam UU MD3 sekarang kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini, tugas DPR ditambah sebagai representasi dalam perjuangkan aspirasi masyarakat di daerah dan mendukung perjuangan diplomasi pemerintah sampai ke level internasional.

“Keunikan DPR sekarang dinamikanya cukup tinggi dimulai dengan awal-awal Pemerintahan Jokowi-JK berdiri di DPR terbentuk Koalisi Indonesia Hebat dan Koalisi Merah-Putih sehingga sejumlah agenda terlambat.

Dia tambahkan, buku “Berpihak Pada Rakyat” ini hanya memuat kegiatan Pimpinan DPR yang terjadwal. Di luar itu memang belum. Mungkin ini kekurangan buku tersebut. Termasuk jadi saksi nikah. Itu juga bagian dari tugas ke konstituen,” pungkasnya.

Loading...