Biji Kopi, Kahwa dan Orang-orang Hebat dari Agam

Jakarta, liputan.co.id – Bupati Agam Indra Catri mengatakan separuh dari wilayahnya adalah penghasil kopi. Tapi masyarakat Agam umumnya tidak penikmat biji kopi.

“Biji kopi biasanya dijual. Kami lebih suka minum kahwa yang diolah dari daun kopi,” kata Indra dalam acara “Ngopi Bareng Senator”, yang digelar Kadin Indonesia bekerjasama dengan Asosiasi Kopi Indonesia, di Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Rabu (14/3/2018).

Menjual biji kopi dan mengonsumsi kahwa yang diolah dari daun kopi lanjut Indra, bukan hal baru di Agam. “Sudah turun-temurun seperti itu, sejak zaman Belanda. Saya belum bisa memastikan, apakah karena minum kahwa ini Agam banyak melahirkan tokoh nasional. Ini perlu penelitian,” ujarnya.

Lalu Indra menyebut sejumlah nama orang hebat di negeri ini yang berasal dari Agam seperti Hatta, Haji Agus Salim, Buya Hamka, Sutan Sjahrir dan Emil Salim.

Karena Agam cenderung menjual biji kopi kata Indra, kalau Indonesia saat ini menduduki peringkat ketiga dunia sebagai negara produsen kopi, di dalamnya ada kopi dari Agam.

Terakhir, Indra menyebut sejumlah kecamatan di Agam yang memproduksi kopi antara lain Tanjung Raya, Batipuh, Canduang, Palambayan dan Ampek Koto.

Komentar