Ketua MPR: Indonesia Tempat Terbaik Keberagaman

Jakarta, liputan.co.id – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan bahwa beragam kelompok manusia di Indonesia bisa hidup berdampingan tanpa merusak tatanan.

Hal tersebut dikatakan Zulkifli saat menyampaikan pidatonya dalam sidang paripurna pelantikan Wakil Ketua MPR baru, di gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (26/3/2018).

“Indonesia tempat terbaik di mana kemajemukan terawat di tengah terjaganya persatuan,” kata Zulkifli.

Kemajuan ekonomi lanjutnya, tidak punya makna manakala Indonesia tercerai berai. Untuk itu Zulkifli berharap dengan tambahan pimpinan membuat MPR semakin kuat dan selalu menjadi garda terdepan untuk menjaga kemajemukan.

“MPR harus menjadi garda terdepan untuk membuktikan kebesaran Indonesia dengan Bhinneka Tingga Ikanya,” kata dia.

Zulkifli juga mengajak tiga Wakil Ketua MPR baru yakni Ahmad Muzani dari Partai Gerindra, Ahmad Basara dari PDI Perjuangan, dan Abdul Muhaimin Iskandar dari PKB untuk bergabung memperkuat upaya permasyarakatan Pancasila.

Menurutnya Pancasila harus diperkenalkan bukan hanya sebagai sistem nilai tapi juga sebagai landasan dan panduan perilaku hidup di masyarakat.

“Pancasila harus hadir sebagai sesuatu yang penting, diperlukan, asyik, keren, dan konkret. Sebagai panduan hidup sehari-hari seluruh anak negeri,” imbuhnya.

Komentar