Simak Nih Beberapa Makanan yang Sebaiknya Tak Disimpan dalam Freezer Kulkas

BAGI kebanyakan orang menyimpan makanan di dalam freezer merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesegaran dan rasa makanan. Biasanya kita akan meyimpan berbagai jenis makanan mulai dari sayuran, buah-buahan, ayam, dan sebagainya. Bahkan kita juga menyimpan sisa makanan agar dapat dimakan lagi besoknya.

Namun ada beberapa makanan yang tidak seharusnya disimpan di freezer, melansir dari Huffingtonpost Kamis (1/3) berikut penjelasannya:

1. Sayuran hijau

Berita RekomendasiPebalap Astra Honda Siap Ukir Prestasi untuk Indonesia [PR]5 Tips Dasar Wajib Diketahui Sebelum Simpan Makanan di KulkasAmbang Batas Aman Menyimpan Sisa Masakan Rumahan di Kulkas

Jika Anda ingin sayuran hijau untuk salad yang segar dan sehat, maka jangan masukkan ke freezer. Sayuran akan layu dan lunak setelah dibekukan, serta hal tersebut dapat menghilangkan rasa dari sayuran itu sendiri. Namun, jika Anda masih ingin menyimpannya di dalam freezer sebaiknya cuci dan keringkan sayuran lalu bungkus dengan plastik agar terjaga kesegarannya.

2. Susu

Jika Anda ingin menyimpan susu di dalam freezer akan membuat tekstur susu yang awalnya lembut menjadi tidak lagi. Hal tersebut bukanlah cara terbaik jika Anda ingin meminumnya. Namun jika Anda berencana menggunakan susu untuk memasak, hal tersebut dapat digunakan.

3. Makanan gorengan

Makanan gorengan memang renyah dan gurih serta berminyak, namun rasa tersebut akan hilang ketika Anda menyimpannya di dalam freezer, kenapa? Karena dapat mengubah tekstur makanan menjadi lembek dan lembap. Sebaiknya makanan gorengan langsung dihabiskan agar Anda dapat menikmati rasa gorengan yang lezat.

4. Buah-buahan

Buah yang memiliki kadar air tinggi akan menjadi dingin di dalam freezer dan mereka akan mencair dengan baik. Jika hal ini terjadi, maka buah yang tadinya segar akan menjadi lembap dan lembek. Buah tersebut tentu tidak baik untuk dikonsumsi lagi.

5. Sour Cream atau krim asam

Pembekuan krim asam akan menyebabkan rasanya tidak enak. Anda bisa mengaduknya kembali dan menggunakan sour cream ketika memasak makanan. Namun Anda pasti tidak ingin memakannya sendiri setelah dibekukan dan dicairkan.

6. Yoghurt

Ternyata selain susu, yoghurt juga tidak boleh disimpan di freezer. Hal ini akan mengubah terkstur dan rasa dari yoghurt sendiri. Namun, jika yoghurt yang beku dijadikan untuk bahan memasak tentu itu tidak apa-apa. Namun, jika Anda memakannya langsung akan menghasilkan rasa yang tidak enak.

7. Kentang

Pada kentang terdapat kandungan air yang tinggi, kristal es akan membuat tekstur kentang mentah menjadi lembek. Kentang sebaiknya disimpan di tempat yang kering dan sejuk. Namun jika Anda ingin membekukan kentang, hal pertama yang Anda lakukan adalah memasaknya terlebih dahulu, baru masukkan ke freezer.

8. Keju

Menyimpan keju dengan tekstur keras dan padat di dalam freezer akan membuat teksturnya menjadi rapuh dan bertepung. Jadi jangan sesekali menyimpan keju di dalam kulkas agar teksturnya tetap terjaga. (rja)

Komentar