Bermasalah dengan Batu Ginjal? Coba Konsumsi Suplemen Ini

Hasil dari sebuah penelitian dari University of Houston (UoH) menyatakan bahwa suplemen makanan memiliki peran penting terhadap terhadap upaya memerangi batu ginjal.

Batu ginjal sendiri diperkirakan telah menyerang setidaknya 12 persen pria dan 7 persen wanita di dunia. Memiliki penyakit lain seperti darah tinggi, diabetes dan obesitas juga dapat meningkatkan resiko seseorang terkena batu ginjal.

Karenanya, dunia kedokteran menyarankan mereka yang bertendensi terkena batu ginjal untuk banyak-banyak mengkonsumsi air putih dan menghindari makanan yang tinggi akan oxalte seperti bayam, almond, okra dan kelembak, selain juga menyarankan potassium citrate yang mampu memperlambat pertumbuhan kristal dalam ginjal.

Dalam studi UoH, para peneliti menemukan senyawa bernama hydroxycitrate yang dapat ditemukan pada ekstrak buah-buahan dalam bentuk suplemen makanan.

Dari studi yang dirilis dalam jurnal Nature itu, itu ditemukan bahwa hydroxycitrate bekerja ampuh dalam memperlambat pertumbuhan kristal calcium oxalate sekaligus mengahancurkannya.

Pimpinan studi ini, Jeffrey Rimer menyatakan bahwa temuan ini sangat menjanjikan. “Sama seperti yang kami temukan dalam uji coba kami di laboratorium, hydroxycitrate memiliki potensi untuk mengurangi jumlah orang dengan penyakit batu ginjal kronis,” kata profesor chemical and biomolecular engineering di UoF itu.

Kendati masih terlalu awal untuk menyimpulkan bahwa senyawa hydroxycitrate ini efektif dalam pencegahan tumbuhnya batu ginjal, setidaknya, temuan ini menawarkan alternatif lain dari pengobatan menggunakan potassium citrate yang memiliki efek samping.

(ruf)

Sumber: Medical News Today

Komentar