Budi Gunawan Raih Gelar Doktor Ilmu Hukum

Jakarta, liputan.co.id – Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Jenderal Polisi Budi Gunawan berhasil meraih gelar akademik Doktor Ilmu Hukum, dari Universitas Trisakti, Jakarta, Senin (25/6/2018).

Bahkan tim penguji memberikan Budi Gunawan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 4 setelah mantan Wakapolri itu berhasil mempertahankan disertasinya melalui sidang terbuka selama 1 jam, di Gedung D, Universitas Trisakti.

Usai sidang, mantan Kabareskrim Mabes Polri  Komjen. Pol. (Purn) Ito Sumardi mengaku kagum dan bangga atas meriah dan well-organized-nya upacara promosi Budi Gunawan (BG) meraih Doktor.

“Saya bangga beliau sejak dulu selalu membangun dengan swadaya. Dia selalu membangun infrastruktur, membangun sistem. Pak Budi ini juga orang yang perfeksionis, selalu ingin sempurna,” kata Ito.

Drs. Budi Gunawan SH, MSi, Ph.D, meraih gelar doktor atas disertasinya mengenai peran Intelejen negara dalam mendukung penegakan hukum terhadap kejahatan dunia maya (Cybercrime) guna terwujudnya keamanan nasional.

Dari disertasi BG, Ito mengatakan bagaimana percepatan pengungkapan suatu kasus. Dengan didukung teknologi, sumberdaya memadai, dari sudut thinking positive peran dan fungsi intelejen bisa dioptimalkan untuk mengungkapkan suatu kasus dalam rangka menjaga stabilitas keamanan.

“Karena jangan sampai terjadi, lebih baik kita mencegah (kejahatan-red). Kalau kita mencegah, di situ peran intelejen,” ujar mantan Dubes Indonesia untuk Myanmar itu.

Ito berpendapat negara membutuhkan sosok atau figur seperti Budi Gunawan, baik dari segi pemikiran dan pengorbanan. Pujian yang dilontarkan bukan sekedar lip service, karena Ito mengaku sudah cukup lama mengenal Budi Gunawan.

“Kita lihat Pak Budi, sosok dan kapasitasnya cukup lengkaplah. Saat ini juga salah satu pemimpin nasional,” imbuh mantan Kapolda Riau dan Kapolda Sumsel itu.

Komentar