oleh

Gol Tunggal Suarez Bawa Uruguay Lolos 16 Besar Piala Dunia

Uruguay dipastkan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2016 di Rusia. La Celeste, julukan Uruguay lolos setelah mengalahkan Arab Saudi dengan skor 1-0. Gol tunggal dicetak Luis Suarez pada menit ke-23.

Di babak pertama, Luis Suarez langsung memberikan ancaman ke pertahanan Arab Saudi pada menit ketiga. Namun usahanya digagalkan Osama Hawsawi. Arab Saudi berbalik menekan Uruguay hingga menit kesepuluh.

Loading...

Walaupun berhasil menyulitkan pertahanan La Celeste, para pemain Arab Saudi sangat kesulitan untuk mencetak gol. Tak hanya akurasi tembakan yang buruk, mereka juga kurang tenang di kotak penalti lawan.

Suarez membawa Uruguay memimpin atas Arab Saudi melalui golnya pada menit ke-23. Memanfaatkan umpan Carlos Sanchez dari sepak pojok, sontekan Suarez meluncur dengan mulus ke gawang Arab Saudi.

Baca Juga :   Usai Upacara HUT KORPRI ke-47, Pegawai Kemenpora Flash Mob Asian Games dan Asian Para Games 2018

Kesempatan untuk Arab Saudi diperoleh Hatan Bahebri pada menit ke-29. Hanya saja sontekan Hatan melenceng jauh dari sasaran. Arab Saudi memang menguasai jalannya pertandingan hingga menit ke-35. Tetapi mereka sangat kesulitan mencetak gol.

Tak ada yang berubah ketika babak pertama mulai memasuki menit-menit akhir. Kendali permainan masih di kaki Arab Saudi. Uruguay hanya sesekali menekan lewat serangan balik. Skor 1-0 untuk keunggulan Uruguay bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, sebuah peluang emas dikreasi Suarez dari sepakan tendangan bebas pada menit ke-51. Bola meluncur melewati hadangan pagar hidup dan mengarah ke gawang. Tetapi kiper Mohammed Alowais berhasil menepis tendangan itu.

La Celeste bermain lebih agresif pada babak kedua. Mereka berusaha mempertahankan keunggulan dengan bermain menyerang. Untuk memuluskan strategi ini, pelatih Oscar Tabarez menurunkan dua pemain muda, yakni Diego Laxalt dan Lucas Torreira.

Baca Juga :   Pengabdian Wenger di Arsenal: Seribu Kali Main, Dua Ribu Gol

Uruguay mendapat kesempatan emas melalui peluang yang dikreasi Edinson Cavani pada menit ke-62. Sayang umpan lambung Cavani gagal dituntaskan Carlos Sanchez. Sundulan Sanchez masih jauh dari sasaran.

Set piece Sanchez berbuah peluang untuk Uruguay pada menit ke-69. Namun sundulan Martin Caceres belum menemui sasaran. Lucas Torreira melepaskan tendangan jarak jauh pada menit ke-81. Sayang tendangannya terpantul dan melebar.

Cavani memperoleh kesempatan emas setelah mencuri bola dari kuasa bek Arab Saudi pada menit ke-86. Sayang tendangannya di depan gawang berhasil digagalkan kaki kiper Alowais.

Arab Saudi meningkatkan intensitas serangan pada lima menit menjelang babak kedua berakhir. Sayang usaha mereka menemui jalan buntu. Skor 1-0 untuk kemenangan Uruguay bertahan hingga peluit panjang.

Baca Juga :   Menpora Harap Emas Pertama Asian Para Games 2018 dari Bulutangkis Beregu Putra Menular ke Cabor Lain

Susunan Pemain Uruguay vs Saudi Arabia:

Uruguay

1-Fernando Muslera, 3-Diego Godin, 2-Jose Gimenez, 4-Guillermo Varela, 22-Martin Caceres, 5-Carlos Sanchez (8-Nahitan Nandez, 82’), 15-Matias Vecino (14-Lucas Torreira, 59’), 7-Cristian Rodríguez (17-Diego Laxalt, 59’), 6-Rodrigo Bentancur, 9-Luis Suarez, 21-Edinson Cavani

Pelatih: Oscar Tabarez

Arab Saudi

22-Mohammed Alowais, 3-Osama Hawsawi, 4-Ali Albulayhi, 6-Mohammed Alburayk, 15-Yasser Alshahrani, 7-Salman Alfaraj, 9-Hatan Bahebri (Mohamed Kanno, 75’), 14-Abdullah Otayf, 17-Taiseer Aljassam (14-Housain Almoqahwi, 44’), 18-Salem Aldawsari, 19-Fahad Almuwallad (10-Mohammad Alsahlawi,78’)

Pelatih: Juan Antonio Pizzi

Wasit: Clément Turpin (Perancis)

(fjr)