Kolombia dan Jepang Lolos, Ini Klasemen Akhir Grup H

Kejutan terjadi pada laga pamungkas Grup H antara Kolombia vs Senegal dan Jepang kontra Polandia, Kamis (28/6) malam WIB. Jepang yang tadinya nyaris tak lolos, tertolong oleh aturan fairplay.

Nasib sial dialami Senegal. Kekalahan 0-1 dari Kolombia membuat mereka harus pulang kampung. Mereka sebenarnya memiliki poin yang sama dengan Jepang, yakni empat.

Akan tetapi, Jepang yang berhasil menjadi runner-up Grup H dan mendampingi Kolombia. Itu karena Jepang memiliki jumlah kartu kuning lebih sedikit daripada Senegal.

Selain poin yang sama, selisih gol dan jumlah memasukkan Senegal dan Jepang juga sama. Maka, penentuan tim yang lolos ke babak 16-besar lewat aturan poin fair play yakni berdasarkan jumlah kartu yang diterima.

Jepang tentu ketiban durian runtuh. Mereka sebenarnya gagal meraih kemenangan saat berjumpa Polandia di Volgograd Arena. Mereka takluk 0-1 usai Polandia menceta gol via Jan Bednarek yang memanfaatkan tendangan bebas Rafal Kurzawa dengan tendangan voli.

Namun demikian, harus diakui. Jepang memang tampil sangat disiplin. Faktanya, mereka menjadi tim yang paling sedikit melakukan pelanggaran (28) di Piala Dunia 2018 dibandingkan tim lainnya dari 3 pertandingan yang telah dijalani. (fjr)

Komentar