Peru Menang tapi Tetap Angkat Koper Bersama Australia

Sungguh berat perjuangan Australia untuk mendapatkan satu tiket ke babak 16 besar. Kala Denmark masih imbang dengan Prancis, Socceroos justru tertinggal 0-1 di babak pertama.

Kondisi makin berat di awal babak kedua. Pasalnya, bukan Australia yang mampu menyamakan kedudukan. Justru Peru yang menambah keunggulan mereka menjadi 2-0. Gol kedua Los Incas dicetak oleh kapten tim Paolo Guerrero pada menit 50.

Situasi ini membuat pelatih Bert van Marwijk melakukan dua pergantian dalam jeda lima menit. Kedua pemain ini belum pernah tampil dalam dua laga sebelumnya.

Pertama, dia memasukkan Tim Cahill pada menit 53. Cahil menggantikan posisi Tomi Juric yang kurang efektif dan mandul. Lima menit berselang, giliran youngster Daniel Arzani yang menggantikan posisi Robbie Kruse.

Namun, masuknya kedua pemain berbeda generasi ini tak langsung memberi dampak signifikan bagi permainan Socceroos. Sejumlah peluang yang tercipta masih gagal berbuah gol karena buruknya penyelesaian akhir.

Justru Peru yang kembali mendapat peluang emas pada menit 80. Guerrero lepas dari kawalan pemain belakang Australia. Dia sempat mengirim umpan ke depan gawang Mat Ryan. Umpan ini disambut dengan tendangan keras oleh Flores. Sayang sepakannya tepat mengenai tiang gawang.

Socceroos baru mendapat peluang yang cukup bagus saat mendapat set pieces di depan area penalti Peru. Lagi-lagi, penyelesaian akhir yang buruk dari Jedinak membuat peluang terbuang percuma.

Australia makin terlihat frustrasi saat pertandingan makin mendekati akhir. Sejumlah pelanggaran tak perlu banyak dilakukan para penggawa Socceroos. Tak ada lagi peluang yang mampu dikreasikan Tim Cahill dan kawan-kawan.

Hasil akhir tak berubah, Peru menang dengan dua gol tanpa balas. Ini menjadi laga penutup yang indah bagi Los Incas. Sesuai target di awal laga, Peru ingin membawa pulang kemenangan setelah mereka dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2018. Mereka pun bisa pulang dengan membawa senyuman dan rasa bangga para suporter mereka. Mereka juga mengajak Australia angkat koper dan pulang lebih dulu.

Australia 0-2 Peru
(Carrillo 18, Guerrero 50′)

Susunan pemain

Australia (4-2-3-1): 1-Ryan, 5-Milligan, 7-Leckie, 9-Juric (4-Cahill 43′), 10-Kruse (17-Arzani 58′), 13-Mooy, 15-Jedinak, 16-Behich, 19-Prisdon, 20-Sainsbury, 23-Rogic (22-Irvine 72′)
Pelatih: Bert van Marwijk

Peru (4-2-3-1): 1-Gallese, 4-Santamaria, 6-Trauco, 8-Cueva, 9-Guerrero, 13-Tapia (7-Hurtado 63′), 15-Ramos, 17-Advincula, 18-Carrillo (16-Cartagena 78′), 19-Yotun (23-Aquino 46′), 20-Flores
Pelatih: Ricardo Gareca

Wasit: Sergei Karasev (Rusia)

(fjr)

Komentar