oleh

Dorong Kemandirian Pangan Lokal, Mentan Dipuji Senator Papua

Jakarta, liputan.co.id – Wakil Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Carles Simaremare mengapresiasi upaya Kementerian Pertanian untuk meningkatkan produksi pangan lokal.

Oleh karena itu, Senator Papua ini mendorong agar Kementerian Pertanian benar-benar konsisten dan berkesinambungan melaksanakan program peningkatan produksi pangan lokal karena dirasa nyata manfaatnya.

“Konsistensi, kesungguhan dan berkesinambungan menjalankan program peningkatan produksi pangan lokal sangat strategis karena bisa memperkecil tingkat ketergantungan masyarakat terhadap produk pangan dari daerah lain apalagi impor untuk memenuhi kebutuhan pangan mereka,” kata Carles, dalam rapat kerja dengan Menteri Pertanian Amran Sulaiman, di Kantor Kementan, Jakarta, Selasa (25/9).

Di Papua misalnya ujar Carles, masyarakat mulai mem-push apa yang menjadi kebutuhan pangan lokal di daerah. “Upaya ini dilakukan untuk menopang supaya masyarakat lokal tidak semata-mata bergantung dari produk luar apa lagi pangan impor. Ketika produk pangan lokal cukup signifikan, bisa mewujudkan kemandirian pangan sesuai dengan kekuatan lokal yang dimiliki,” imbuhnya.

Baca Juga :   Dorong Pemerintah Beli Saham PT Freeport, Deposit Tambang Jangan Bayar

Apresiasi yang sama juga dinyatakan Ketua Komite II DPD, Muhammad Aji Mirza Wardana. Menurutnya, capaian produksi pangan lokal yang diraih oleh Kementan membuka peluang peningkatan ekspor pangan

“Kita apresiasi, kita bersyukur, kita beri applause kepada Pak Menteri Amran Sulaiman dan jajarannya atas apa yang mereka lakukan. Kita dari DPD akan support program-program Kementerian Pertanian,” tegas Aji.

Ke depan, Aji berharap Kementan dapat menggandeng DPD RI dalam pelaksanaan program-programnya ke daera-daerah sebab DPD sering bersinggungan dan menerima aspirasi dari petani yang nantinya bermuara ke Menteri Pertanian.

“Kita berharap DPD RI juga tolong dilibatkan, karena fungsinya juga sama, mengawasi regulasi. Kita berharap hari ini menjadi tonggak ukur agar kedepannya kemitraan antara DPD RI dengan Kementerian Pertanian dapat lebih baik lagi,” imbuh Senator asal Kalimantan Timur ini.

Loading...