oleh

Banyak Tantangan, Otsus Dinilai Cara Terbaik Selesaikan Masalah Papua

Jayapura, liputan.co.id – Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Benny Rhamdani menyatakan pihaknya menilai secara cermat bahwa otonomi khusus (Otsus) merupakan satu-satunya cara untuk menguatkan integrasi, mengentaskan kemiskinan dan memajukan kesejahteraan rakyat Papua.

Otsus menurutnya, menjadi momentum untuk bersama-sama membangun Papua untuk dapat duduk setara, sejajar dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

“Cukup sudah kebijakan diskriminatif yang berlangsung selama ini dan sudah saatnya kita bersama-sama bergandeng-tangan membangun Papua” kata Benny, saat memimpin rapat kerja dengan Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe, di Kota Jayapura, Selasa (16/10).

Pembangunan yang menekankan pada “Jawa sentris” dan “Jakarta sentris” lanjut Senator Sulawesi Utara itu, harus segera diakhiri. Arah kebijakan telah bergerak di arah timur Indonesia.

Baca Juga :   Konflik Lahan Transmigrasi, Benny Rhamdani: Kemendes Jangan Buang Badan

DPD RI imbuhnya, juga memberikan penekanan pada masalah krusial terkait yakni akan berakhirnya dana Otsus sebesar 2 persen dari dana alokasi umum (DAU) Nasional pada tahun 2021.

“Patut menjadi perhatian kita sebelum, bagaimana kita bersama-sama mengkontruksi kebijakan pasca berakhirnya Dana Otsus Papua, dan aspirasi rakyat Papua ini penting untuk kita suarakan ketika berhadapan dengan Pemerintah dan DPR,” pungkasnya.

Loading...