Dampingi Presiden Terima Timnas U-16, Menpora: Presiden Pesan Pemain Timnas U-16 harus Tetap Solid

Jakarta – Keberhasilan Timnas Garuda Muda U-16 menembus perempat final AFC mendapatkan apresiasi dari Presiden RI Joko Widodo. Di Istana Negara, Jakarta, Kamis (4/10) pagi, Menpora Imam Nahrawi mendampingi Presiden menerima David Maulana dkk.

Langkah apik anak asuh Coach Fahri Husaini memang terhenti di babak delapan besar Piala Asia U-16. Dikalahkan Australia 3-2, memupus harapan selangkah lagi untuk bisa tampil di Piala Dunia U-17 Peru tahun depan.

“Ini ketemu dengan anak-anak muda, memberikan semangat kepada anak-anak U-16, saya melihat ada peluang untuk membina masa depan persepakbolaan Indonesia. Mereka di ASEAN juara, kemudian di Asia menang lawan Iran terus seri dengan India dan lawan Australia babak pertama menang meskipun akhirnya kalah, saya melihat perjuangan dan semangat bertanding di lapangan sangat prima sekali,” kata Presiden usai pertemuan.

Presiden juga menekankan bahwa perlu konsentrasi tersendiri dalam hal pembinaan olahraga pada umumnya di Indonesia, termasuk cabor favorit yang digemari masyarakat seperti sepakbola. Perlu keterlibatan berbagai pihak selain pemerintah, dukungan masyarakat dan swasta.

“Saya titipkan untuk U-16 ini terus diadakan tryout dan kompetisi-kompetisi agar skill dan kemampuannya diasah terus. Saya berjanji akan mencarikan BUMN sebagai bapak angkat agar ada konsentrasi penganggaran serta pembinaan, agar dapat meningkat ke U-19 dan tim senior,” tambah Presiden.

Sementara Menpora Imam Nahrawi menambahkan bahwa usaha peningkatan dalam pembinaan akan diperluas dengan memperhatikan berbagai faktor pendukung yang pada intinya semua sektor yang dapat mendongkrak prestasi akan terus dikembangkan. Pembinaan melalui PPLP dan Liga-liga usia dini juga terus semakin ditingkatkan secara kontinyu.

“Bapak Presiden betul-betul ingin Timnas U-16 ini dijaga soliditasnya, performanya, sekaligus skilnya harus dimaksimalkan lagi karena mereka harapan masa depan sepakbola Indonesia. Kita harus melakukan upaya-upaya lebih luas lagi seperti persiapkan infrastruktur yang memadai dan training camp diperbanyak lagi,” kata Menpora.

Kegembiraan para pemain sangat terlihat atas perhatian Presiden, Menpora, dan pemerintah. Seluruh pemain akan selau menjaga kekompakan dan siap selalu berlatih serta mengikuti berbagai turnamen untuk menuju jenjang selanjutnya.

“Secara tim kami solid. Kami harus tetap fokus ke depannya. Doakan kami agar semua bisa berjalan lancar, kami akan berjuang di U-19 dan U-23,” kata Bagas Kahfi, idola baru sepakbola Indonesia. (cah)

Komentar