Menangani Konflik, Ketua DPD RI: Belajarlah Ke Indonesia

Jakarta, liputan.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta menyatakan sejak Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945 yang lalu, Indonesia telah ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Hal tersebut dinyatakan Oesman saat meresmikan International Association of Parliamentarians for Peace (IAPP) di Indonesia, yang berlangsung di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Senin (15/10).

Menurutnya, perdamaian abadi di dunia yang digagas Universal Peace Federation (UPF) sejalan dengan pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, konstitusi negara Republik Indonesia. “Dan saya senang menjadi bagian dalam mengupayakan terselenggaranya perdamaian abadi di dunia itu,” ujar ucap Oesman.

Ditegaskan Oesman, sejak merdeka, Indonesia sudah menggariskan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

“Para founding fathers meyakini Indonesia tidak perlu condong terhadap salah satu dari dua ideologis yang sedang berseteru pada saat itu. Tidak memilih ideologis bukan berarti kami tidak mempunyai ide dan gagasan untuk diperjuangkan sebagai ideologi alternatif,” tegas Senator Kalimantan Barat itu.

Dijelaskan Oesman, para founding fathers telah sempurna dalam meramu unsur kemajemukan. Salah satu ciri khasnya ujar Oesman, yaitu membangun negara Indonesia dari berbagai macam suku, bangsa, bahasa, agama, dan kebudayaan dalam lanskap Bhinneka Tunggal Ika.

“Gotong Royong sebagai ciri khas bangsa Indonesia adalah lafas yang melahirkan Pancasila. Karakter inilah yang menjadi perekat dari Bhinneka Tunggal Ika. Gotong Royong pula yang menampilkan kemajemukan sebagai keindahan,” kata Oesman.

Karena itu, Oesman berharap semoga di Indonesia, para aktivis dan pegiatnya menemukan inspirasi model-model alternatif solusi bagi negara-negara di dunia.

“Saya menyarankan untuk menggali dan belajarlah sebanyak-banyaknya praktik-praktik yang telah dilakukan Indonesia untuk menangani konflik, berpemerintahan yang baik dan benar, serta solusi-solusi alternatif atas dampak-dampak negatif yang diciptakan modernisasi,” pungkas Oesman.

Komentar