Politikus PKS Wacanakan 26 Desember Hari Kesiapsiagaan Bencana

Jakarta, liputan.co.id – Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Provinsi Aceh I Muhammad Nasir Djamil mewacanakan tanggal 26 Desember sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana sekaligus ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional oleh pemerintah.

Sebab menurut Nasir, tanggal 26 Desember 2004 bertepatan dengan peristiwa gempabumi disusul tsunami di Aceh. “Di mana, Aceh mengalami kerusakan yang sangat parah. Korban yang hilang dan meninggal mencapai ratusan ribu jiwa,” kata Nasir, lewat rilisnya Rabu (26/12).

Menurut Anggota Komisi III DPR ini, penetapat tanggal 26 Desember sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana dan hari libur nasional merupakan bentuk empati dan simpati serta pengakuan pemerintah terhadap rakyat Indonesia yang mengalami musibah gempa dan tsunami.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera ini menjelaskan bahwa Hari Kesiapsiagaan Bencana dan hari libur nasional itu menunjukkan kesadaran bangsa ini bahwa Indonesia posisinya berada di kawasan ring of fire atau cincin api yang memungkinkan Indonesia mengalami gempa susulan dan tsunami setiap saat.

“Dengan menjadikan tanggal 26 Desember sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana dan hari libur nasional, maka Indonesia akan berusaha menyiapkan sarana dan prasarana serta sumberdaya manusia, terutama menghadirkan sistem peringatan dini terhadap gempa dan tsunami, serta melakukan edukasi tiada henti kepada warga negara sehingga terwujud masyarakat yang sadar bencana,” ujar dia.

Saat ini, lanjut dia, sangat ironis. Indonesia di posisi ring of fire tapi langkah nyata sering insidental dan seremonial. Akibatnya, saat terjadi bencana bangsa ini tidak siap menghadapinya.

“Menjadikan tanggal 26 Desember sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana dan hari libur nasional diikuti dengan menambahkan pendidikan sadar bencana di semua jenjang pendidikan. Mulai dari pendidikan anak usia dini hingga sekolah menengah atas. Bila perlu seluruh universitas negeri di Indonesia membuka program pendidikan (prodi) tentang bencana,” usulnya.

Komentar