China Unicom dan ZTE Berhasil Lakukan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia

CHINA – ZTE Corporation, vendor terkemuka di dunia untuk solusi telekomunikasi, teknologi bagi kalangan perusahaan dan konsumen dalam sektor Internet Seluler (Mobile Internet), mengumumkan keberhasilan kantor cabang China Unicom di Guangdong dan ZTE dalam melakukan panggilan telepon 5G yang pertama di dunia, memakai purwarupa ponsel pintar 5G buatan ZTE dalam uji coba lapangan Shenzhen 5G. Uji coba ini juga menuntaskan verifikasi atas beragam layanan, seperti panggilan suara grup via Wechat, video daring dan penjelajahan internet (web browsing).

Pencapaian ini telah menjadikan lokasi uji coba Shenzhen milik China Unicom sebagai uji coba lapangan secara komersial yang pertama di dunia yang berhasil melakukan panggilan telepon perdana dalam moda NSA, dan memenuhi standar 3GPP Rel-15. Dikenal sebagai “Kota Inovasi”, Shenzhen adalah salah satu kota percontohan untuk 5G yang pertama bagi China Unicom. Shenzhen sepenuhnya menguji berbagai fitur jaringan dari peralatan jaringan 5G, layanan khusus, roaming dan interkoneksi, serta peninggalan dari layanan yang ada dalam beberapa tahap. Dengan demikian, hal tersebut meletakkan dasar yang baik untuk pembangunan seluruh jaringan 5G secara komersial.

Uji coba ini memakai solusi 5G yang terpadu dari ZTE, termasuk radio access network, jaringan utama, jaringan transportasi dan perangkat canggih, mewujudkan koneksi dengan purawarupa ponsel pintar 5G buatan ZTE dalam kondisi lapangan.

Sementara, uji coba tersebut telah memverifikasi beberapa teknologi 5G yang utama, seperti Massive MIMO, 5G NR, NSA dual connectivity, FlexE transport technology serta 5G Common Core.

Sebagai salah satu vendor peralatan telekomunikasi yang terkemuka di dunia, ZTE telah memimpin teknologi 5G, peralatan 5G dan produk 5G. Panggilan telepon pertama dengan purwarupa ponsel pintar 5G buatan ZTE dalam mode NSA di lokasi uji coba lapangan Shenzhen milik China Unicom, dinilai berhasil. Solusi 5G dari ZTE telah dinyatakan lulus dalam uji coba end-to-end, tiga bulan setelah peresmian standar 3GPP Rel-15. Pencapaian ini menunjukkan tingginya kompetensi ZTE pada kegiatan Litbang dan komersialisasi 5G, membuktikan peran ZTE sebagai mitra yang andal bagi kalangan operator global 5G serta pemain utama di industri 5G. (*)

 

Komentar