oleh

Hasil Evaluasi PSBI, Refrizal: Bagus Sesuai Harapan DPR

Aceh Besar, Komisi XI DPR mendukung pengembangan pembiayaan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) bagi masyarakat. Melalui program PSBI kata Ketua Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi XI DPR RI Refrizal ke Aceh, diharapkan akses masyarakat dapat mengakselarasi permodalan UMKM yang berdampak peningkatan ekonomi rakyat kecil.

“Hasil evaluasinya di sini bagus ya sesuai dengan harapan Komisi XI DPR, ditemukan bahwa masyarakat yang menerima PSBI ini cukup senang, dan beberapa malah memuji Bank Indonesia, mereka juga menyampaikan bahwa ekonomi masyarakat semakin tumbuh dan berkembang karena bantuan program PSBI ini,” kata Refrizal, lewat rilisnya, Rabu (23/1/2019).

Loading...

Menurut Refrizal, pertumbuhan ekonomi masyarakat harus sejalan dengan pengembangan perluasan klaster dan komoditi lainnya, sehingga bukan hanya klaster UMKM Unggulan seperti Produksi Karya Indah Bordir saja, tetapi juga bisa peternakan, pertanian, perkebunan, atau bahkan kerajinan yang lain.

Baca Juga :   Ustaz HNW Bilang Acara Ini Bukti Warga Komit Menjaga Indonesia

“Yang telah berkembang juga mesti terus kita bina kalau bisa kita tingkatkan, karena itu kita harapkan Bank Indonesia mencari UMKM lain,” ujar anggota DPR dari daerah pemilihan Sumatera Barat II itu.

Politikus PKS ini menjelaskan, UMKM merupakan salah satu solusi permasalahan ekonomi di Aceh yang mesti terus diperhatikan dan kembangkan. Karena itu, perlu penyebaran strategi optimalisasi penyaluran PSBI. “Perlu mapping pengrajin-pengrajin UMKM jenis lain yang potensial, atau bahkan bisa juga pengrajin jenis yang sama tetapi di tempat lain, perlu ada keadilan di tengah masyarakat,” imbuh Refrizal.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Aceh Z. Arifin Lubis menambahkan, UMKM yang tersalurkan PSBI ini juga telah dipilih, disurvei, dan diverifikasi, serta terus dimonitoring dan evaluasi supaya mendapat manfaat sebesar-besarnya.

Baca Juga :   Pembangunan Monumen Bela Negara Terhenti, Politikus PKS Interupsi Di Paripurna DPR

“Tujuan BI memberikan PSBI tidak lagi filantropi saat ini tetapi juga sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, menjaga stabilitas keuangan, mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat, mengurangi current account deficit, mengurangi angka pengangguran, dan mengendalikan fluktuasi inflasi,” pungkasnya.