KBRI Beirut Dukung Pelaksanaan Umroh Personel Konga XXIII-M

Lebanon Selatan, liputan – Kesempatan untuk melaksanakan Ibadah Umroh bagi personel yang sedang melaksanakan tugas misi perdamaian seakan terbuka lebar, terlebih bagi personel TNI yang sedang melaksanakan tugas misi perdamaian PBB di Lebanon.

Sekitar 700 dari keseluruhan 850 personel Satuan Tugas Batalyon Mekanis Tentara Nasional Indonesia (Satgas Yonmek TNI) Konga XXIII-M/Unifil (United Nations Interim Force In Lebanon), mendaftarkan diri untuk mengikuti Ibadah Umroh yang rencananya akan dilaksanakan saat cuti dinas.

Untuk mempermudah proses pengaturan pemberangkatannya, Dansatgas Yonmek TNI Konga XXIII-M Letkol Inf Arfa Yudha Prasetya memutuskan untuk menerima tawaran dari Kedutaan Besar Republik Indoneaia (KBRI) Beirut yang akan memfasilitasi dalam proses pemberangkatan Umroh atau perjalanan tujuan cuti lainnya.

Staf dari KBRI yang dipimpin oleh Abdurahman datang ke Markas Satgas Yonmek XXIII-M UNP 7-1, Adchit Al Qusayr, Lebanon Selatan, Sabtu (19/1/2019) untuk memberikan sosialisasi tentang teknik dan mekanisme ibadah umroh kepada personel Satgas.

“Sosialisasi ini dilaksanakan juga untuk menjamin keterbukaan dalam proses pelaksanaan Umroh dan cuti, seluruhnya dilaksanakan secara transparan sehingga keutuhan moril dan mental prajurit tetap terpelihara dan Solid,” kata Arfa Yudha Prasetya, dalam sambutannya saat membuka acara sosialisasi tersebut.

Sementara Abdurahman dari KBRI menjelaskan tentang teknik dan mekanisme ibadah Umroh personel Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M. Pihak KBRI menawarkan beberapa travel perjalanan untuk memfasilitasi personel Satgas saat melaksanakan ibadah Umroh dan cuti, dengan beberapa alternatif destinasi diantaranya Lebanon-Umroh-Lebanon, Lebanon-Umroh-Indonesia-Lebanon, Lebanon-Indonesia-Lebanon, Lebanon-negara lain (Eropa) dan cuti di tempat/base camp.

Menurutnya, sehubungan dengan waktu cuti yang berbeda-beda tentunya akan mempengaruhi harga tiket pesawat, maka disarankan sistem subsidi silang sehingga seluruh harga tiket bagi personel tetap sama setiap gelombangnya dan tidak terjadi perselisihan dalam menentukan waktu Umroh ataupun cuti.

“Selama pelaksaan Umroh, akomodasi yang diberikan pada saat di Madinah disiapkan hotel bintang tiga dan empat,” katanya.

Dansatgas Yonmek TNI Konga XXIII-M/Unifil menyampaikan terima kasih kepada Staf KBRI Beirut atas kesiapannya untuk memfasilitasi dan menjamin pelaksanaan Umroh dan cuti seluruh personel Satgas Yonmek TNI Konga XXIII-M yang sedang melaksanakan tugas misi perdamaian di Lebanon.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Wadan Satgas Mayor Inf Abdul Samad beserta Perwira Staf, seluruh Komandan Kompi, serta perwakilan Bintara dan Tamtama dari masing-masing Kompi.

Komentar