MINI Bakal Hadirkan Mobil Listrik Pertamanya di Tahun Ini

MINI merupakan salah satu produsen mobil di bawah payung BMW Group yang getol mengembangkan teknologi untuk mobil listrik. Kabar terbaru menyebutkan pada tahun 2019, MINI akan melahirkan mobil listrik pertama, Mini Cooper S E.

Desain mobil itu akan mempertahankan tradisi desain khas MINI, namun wajahnya terlihat lebih futuristik dan moderen.  MINI Cooper S E, menggunakan platform UKL 1 dengan powertrain listrik sebagai mobil bebas emisi pertamanya di dunia.

Carscoops, Selasa (8/1) mengungkapkan MINI listrik akan ditenagai oleh motor listrik BMW i3 S yang mampu menghasilkan power 181 hp, hampir sama dengan 189hp Cooper S yang bertenaga bensin. Berat ekstra dari paket baterai diharapkan akan diimbangi oleh torsi di nol-rpm sehingga membuat MINI Cooper SE sama cepatnya dengan saudaranya.

Model listrik MINI yang akan datang akan menjadi mobil dengan teknologi baru sehingga tidak hanya sekadar menjadi mobil tanpa emisi. tetapi MINI elektrik pertama juga akan fokus dalam kinerja, yang pastinya akan mempertahankan kemampuan mobil dalam berakselerasi layaknya mobil konvensional.

Ia dikabarkan akan menggunakan paket baterai lithium-ion yang akan diambil dari BMW i3 yang telah lebih dahulu diperkenalkan BMW. Mesin listrik dengan penggerak baterai ini akan membuat MINI Elektrik ini mampu berjalan sejauh 321 km.

Konsep ini menjawab pertanyaan banyak pihak seputar komitmen MINI dalam mengembangkan mobil masa depan yang ramah lingkungan dan lebih efisien tanpa menggunakan bahan bakar konvesional yang menghasilkan gas buang yang mencemari udara.

MINI saat ini sementara melakukan pratinjau EV produksinya yang berbasis dari konsep Mini Electric 2017. Saat itu mobil terakhir yang ditampilkan secara visual mendapat sambutan hangat dari penggemarnya karena style-nya masih sama dengan DNA baru yang lebih efisien. (fjr)

Komentar