Untuk Mengetahui Kesehatan Anda, Kenali Tiga Hal Ini pada Lidah

Lidah, juga merupakan salah satu pintu untuk mengenali kesehatan pada diri seseorang. Pasalnya, terdapat beberapa gejala penyakit yang mempunyai kaitan erat dengan lidah. Di antaranya kepala sakit, demam dan beberapa lainnya.

Dilansir dari laman Healthydefinition.com, berikut ini beberapa gejala penting pada lidah yang harus anda kenali. Karena berkaitan dengan kesehatan tubuh anda.

  1. Lidah bengkak. Ketika mengalami gejala ini, segera hubungi dokter karena isyarat darurat. Dan ia dapat dengan cepat membesar dan mengakibatkan kekuarangan nafas dan mati lemas. Jika terus membesar, ia akan mengahalangi aliran udara. Gejala ini, biasanya dipengaruhi oleh alergi akan obat-obatan. ACE inhibitor, zat yang mengahalangi pertumbuhan, yang digunakan untuk mengobati darah tinggi. Sering mengakibatkan lidah bengkak. Namun jika pada anak-anak, disebakan karena alergi makanan saja.
  2. Jika lidah anda terlihat lebih putih dari normalnya, hal itu bertanda kurang bersih. Permuakaan yang putih tersebut, mengandung bakteri dan sel-sel mati. Selain karena tidak selalu dibersihkan, lidah keputihan juga adalah gejala dari sariawan. Sariawan sendiri dipicu oleh candida, yang terdapat pada mulut. Semua orang memiliknya. Jika mencapai kadar yang berlebih, akan berujung dengan sariawan.
  3. Lidah kemerahan. Jika lidah anda merah, ini mengindikasikan gejala demam berdarah.

Komentar