Xiaomi Mi 9 Bakal Ditanam Snapdragon 855

Penantang Samsung Galaxy S10 Series pada 20 Februari pekan depan dari Xiaomi akhirnya terkonfirmasi jeroannya. Xiaomi Mi 9 yang bakal menggendong chipset generasi terbaru dari Qualcomm yakni Snapdragon 855.

Sebagaimana dikutip dari laman GSM Arena, Xiaomi Mi 9 akan diluncurkan pada 20 Februari, yang berarti akan berhadapan langsung dengan Galaxy S10. Untuk membangun hype pada pertarungan utama, eksekutif Xiaomi secara bertahap memposting rincian tentang ponsel tersebut.

Hal terbaru adalah konfirmasi Mi 9 akan ditenagai oleh chipset Snapdragon 855. “Ini adalah hasil kolaborasi erat antara Xiaomi dan Qualcomm berkat pusat riset dan pengembangan perusahaan di Amerika Serikat (AS),” kata Xiang Wang, SVP di Xiaomi di Facebook Xiaomi.

Pengaturan core CPU 1 + 3 + 4 pada Snapdragon 855 diklaim menjanjikan peningkatan kinerja hingga 45 persen dari versi sebelumnya yakni chipset Snapdragon 845. Pengolag grafis alias GPU juga disebut-sebut akan mengalami peningkatan 20 persen.

Sementara untuk kemampuan kecerdasan buatan alias AI. Fitur tersebut diklaim meningkat tiga kali lebih cepat untuk booting. Chip ini akan memberikan peningkatan lain juga, hal-hal tersebut seperti dukungan WiFi 6 dan video HDR10 + (4K pada 60fps).

Skor Geekbench di awal mendukung klaim bahwa Xiaomi Mi 9 akan lebih cepat dari pendahulunya. Selain itu, Xiaomi juga mengonfirmasi lewat unggahan foto sebagaimana bisa dilihat dari skor AnTuTu yang bergantung di angka 387,851.

Dengan perolehan skor segitu, keuntungan dalam kinerja mungkin bahkan lebih tinggi dari 45 persen. Seperti telah kami beritakan sebelumnya, postingan resmi lainnya tentang Mi 9 telah mengungkapkan warnanya yang cantik dan memamerkan foto 48 MP dari salah satu set-up kamera triple-nya.

Xiaomi Mi 9 memang diagendakan untuk meluncur pada tanggal yang sama dengan hajatan Samsung yang akan mengungkap Galaxy S10e, Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus. Samsung Galaxy S10 Series di beberapa negara pasar seperti Amerika, Eropa dan Tiongkok memang biasanya menggunakan jeroan chipset Snapdragon dalam hal ini adalah Snapdragon 855.

Kehadiran Xiaomi Mi 9 yang berbarengan dengan hajatan Samsung Galaxy S10 Series memang disebut menjadi salah satu siasat Xiaomi. Xiaomi dikatakan ingin menjegal flagship Samsung Galaxy S10 Series dengan perangkat Mi 9 yang memiliki kemampuan jeroan yang sama di pasar Tiongkok. (fjr)

Komentar