LIPUTAN.CO.ID

Teknologi

Hikvision gelar ajang AI Cloud Summit yang kedua di Hangzhou

HANGZHOU – Hikvision, supplier terkemuka dunia untuk berbagai produk dan solusi keamanan yang inovatif, berhasil menggelar ajang ‘Shaping Intelligence’ AI Cloud Summit yang kedua di Hangzhou Whitehorse Lake International Exhibition Centre dari 29-30 Maret.

Forum utama di ajang Hikvision AI Cloud Summit

Forum utama di ajang Hikvision AI Cloud Summit

Dengan tema ‘Data Enrichment with AI’, ajang ini menjadi wadah bagi mitra-mitra ekosistem AI Cloud untuk bertukar wawasan tentang berbagai teknologi leading-edge AI serta big data. Ajang tersebut mencakup sebuah forum utama dan empat subforum dengan topik Keuangan, Perdagangan, Layanan Publik dan Tata Kelola Canggih untuk Perkotaan. Lebih dari 3.000 peserta yang ikut-serta, termasuk para pelanggan Hikvision, pemimpin industri, pakar akademis dan mitra-mitra kerja.

Visi masa depan: Penggabungan IoT Canggih dan Jaringan Informasi

Salah satu topik terpenting yang diulas dalam konferensi ini adalah cara platform AI Cloud Hikvision dalam mendukung integrasi IoT dan data jaringan informasi demi menggerakkan pengembangan aplikasi baru dan canggih di masa mendatang. Ide-ide yang dibahas termasuk pembangunan arsitektur komputasi yang menyatukan komputasi cloud dan edge, beserta arsitektur data yang membantu integrasi IoT canggih dan data jaringan informasi.

“Kami meyakini, sebagai platform gabungan (fusion platform), AI Cloud kelak mampu mendukung para pelanggan kami untuk mengembangkan potensi AI dan IoT selengkapnya,” kata Yangzhong Hu, CEO, Hikvision, dalam pidatonya di forum utama. “Teknologi kecerdasan (intelligence) akan menjadi hal lazim di era AI; berbagai aplikasi canggih dan kemampuan menghasilkan data akan menjadi aspek penggerak.”

Menyediakan sejumlah platform yang sepenuhnya terbuka untuk pengembangan bersama

Hikvision AI Cloud dikembangkan demi mengatasi berbagai tantangan di dunia nyata di beragam pasar vertikal, dan menghasilkan nilai tambah secara berkelanjutan bagi para pengguna akhir. Arsitektur mutakhir dirancang guna mewujudkan kolaborasi antara mitra-mitra kerja di komputasi edge, aplikasi industri, platform layanan serta sistem standar, dan lain sebagainya. Salah satu contohnya, Hikvision memperlihatkan bagaimana peluncuran sistem pelatihan algoritma AI-nya telah mempermudah sejumlah mitra dalam melatih algoritma untuk kebutuhan dan penggunaan tertentu oleh pelanggan.

Memanfaatkan area pameran digital seluas 6.000 meter persegi, Hikvision dan mitra-mitra ekosistemnya juga memperagakan berbagai solusi AI yang serba-guna, termasuk Ritel Canggih (Smart Retail), Kampus Canggih (Smart Campus), Jasa Keuangan Canggih (Smart Financial Service), Konstruksi Canggih (Smart Construction), Pertanian Canggih (Smart Agriculture) dan lain-lain. Lebih lagi, Sistem Transportasi Canggih (Intelligent Transportation System/ITS) turut dipamerkan, termasuk Bus Mutakhir (Intelligent Busses), Jaringan Jalan Mutakhir (Intelligent Road Networks), Bandara Mutakhir (Intelligent Airports) dan Sistem Kereta Api Mutakhir (Intelligent Railway Systems), semua itu dirancang demi meningkatkan keselamatan dan pengalaman penumpang ketika menempuh perjalanan.

Berbagai aplikasi AI guna memberdayakan kalangan pengguna industrial

Dalam empat subforum yang digelar di hari kedua, kalangan pengguna akhir dari beragam pasar bertukar pikiran dan berbagi tentang beberapa studi kasus saat mereka berkolaborasi dengan Hikvision dan menerapkan AI. Di forum Komersial, berbagai mitra dari sektor ritel, energi, pengelolaan properti dan logistik menjajaki cara AI dalam meningkatkan wawasan usaha, serta mengubah cara berbagai perusahaan dalam menjalankan kegiatan operasional.

Di subforum Tata Kelola untuk Perkotaan, para instansi lalu-lintas-lintas dari berbagai kota di Tiongkok membagikan kisah tentang keberhasilan penggunaan AI, termasuk bagaimana solusi E-Police mengidentifikasi pelanggaran lalu-lintas dan mengurangi jumlah korban luka-luka serta kematian. Dengan menggabungkan informasi video, serta sistem-sistem lain dan algoritma, big data di sektor lalu-lintas bisa divisualisasikan di peta perkotaan untuk mengarahkan arus lalu-lintas secara lebih lanjut, sehingga meningkatkan mutu perjalanan yang ditempuh di daerah perkotaan.

Di Forum Keuangan, berbagai bank termasuk China Construction Bank dan Industrial and Commercial Bank of China mengulas transformasi digitalnya yang memakai AI, di bidang keamanan serta pengelolaan perbankan, memperlihatkan bagaimana big data yang didukung AI bisa menjadi aspek pendukung utama dalam proses tersebut.

Subforum Layanan Publik berfokus pada cara teknologi AI dalam mendukung peningkatan manajemen layanan publik. Di antara sesi-sesi lainnya, para mitra Hikvision memperkenalkan sejumlah aplikasi AI untuk pembelajaran jarak jauh, ruang kelas yang canggih (smart classrooms), keselamatan kampus dan peningkatan mutu lingkungan belajar. (prn)

 

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top