oleh

Kapuspen TNI Minta Prajurit dan PNS TNI Mampu Jadi Public Relations

Jakarta – Tugas Public Relations di lingkungan TNI sebenarnya tidak hanya berada di pundak para pejabat penerangan, tapi juga tugas dan tanggung jawab bersama dari seluruh personel, baik Prajurit maupun PNS TNI.

Demikian amanat tertulis Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Sisriadi yang dibacakan Kepala Bidang Umum (Kabidum) Puspen TNI, Kolonel Inf Drs. I Ketut Murda pada penutupan Penataran Public Relations TA. 2019 bekerjasama dengan Sekretaris Nasional Kine Klub Indonesia (Senakki), di Balai Wartawan Puspen TNI, Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2019).

Loading...

Seorang Prajurit maupun PNS TNI, khususnya seorang Perwira ujar Kapuspen TNI, dituntut dan sudah menjadi keharusan memiliki kemampuan untuk menjadi public relations di satuannya guna mengkomunikasikan hal-hal yang positif secara baik dengan masyarakat.

Baca Juga :   Bamsoet Imbau Pemerintah Cabut Pembatasan Penggunaan Medsos

“Sudah seharusnya kita senantiasa menyelaraskan kemampuan dengan tuntutan lingkungan dan kebutuhan organisasi, agar eksistensi citra positif TNI di era keterbukaan informasi dewasa ini, tetap dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk kepentingan bangsa dan Negara,” tegas dia.

Baik buruknya citra TNI tegas Mayjen TNI Sisriadi, tergantung pada bagaimana cara TNI mengkomunikasikan kinerja kepada masyarakat melalui berbagai media yang tersedia.

“Dengan bekal pengetahuan yang telah diterima selama mengikuti pelatihan public relations ini, saya yakin saudara-saudara akan mampu mengkomunikasikan kinerja dan tugas TNI kepada masyarakat, sekaligus membina hubungan dengan media massa yang menjadi jembatan dalam komunikasi sosial secara efektif dan efisien,” pintanya.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Sisriadi menyatakan diperlukan sumber daya manusia yang mampu mengkomunikasikan dan mentransformasikan kinerja TNI, baik di lingkungan internal maupun eksternal TNI. “Dimanapun personel TNI berada dan bertugas senantiasa dapat berinteraksi secara efektif dalam kemanunggalan dengan rakyat,” tegasnya.

Baca Juga :   Humas DPR Raih Bronze Award Di Ajang PRIA 2019

Terakhir, Kapuspen TNI berharap setelah kembali ke kesatuan masing-masing para peserta penataran dapat memberikan saran masukan kepada pimpinan di satuannya mengenai pentingnya fungsi public relations.

“Apa yang saudara peroleh selama penataran ini hendaknya dapat dijadikan pedoman berperan aktif dalam memberikan kontribusi bagi satuan, sebagai upaya membangun dan meningkatkan citra setiap satuannya,” pungkasnya.