Wujudkan Iklan Baris Terbaik Asia Tenggara, Carousell Diguyur Dana dari Naspers

Singapura – Carousell, salah satu platform laman pemasaran iklan baris (classifieds marketplaces) yang terbesar dan berkembang paling pesat di dunia, hari ini mengumumkan investasi dari Naspers, melalui unit bisnisnya di sektor iklan baris, OLX Group. Kesepakatan ini juga mencakup aksi akuisisi Carousell terhadap OLX Philippines, dengan tujuan bersama untuk melayani komunitas di Filipina dalam membeli dan menjual produk-produk di media daring dengan kemudahan serta keleluasaan yang lebih baik. Nilai kesepakatan ini secara keseluruhan mencapai US$56 juta, dan OLX Group memperoleh sekitar 10% saham Carousell.

Investasi dari Naspers, salah satu investor teknologi terbesar di dunia, menjadikan valuasi Caroussel lebih dari US$550 juta, dan membuktikan kemampuan Carousell dalam mengembangkan solusi laman pemasaran iklan baris daring yang berkelas dunia di Asia Tenggara. Hingga kini, Carousell memiliki tingkat interaksi (engagement) dan aspek time-spent tertinggi di antara seluruh pelaku di sektor platform laman pemasaran daring. Selain itu, perkembangan Carousell dalam teknologi produk dan inovasi, beserta pengalaman OLX Philippines di pasar lokal dalam mengelola iklan baris daring, akan mewujudkan pengalaman pengguna yang lancar pada platform tersebut.

OLX Philippines, bagian dari OLX Group, berpengalaman selama 13 tahun di sektor iklan baris daring. Perusahaan saat ini menjadi situs iklan baris terbesar di Filipina, memiliki lebih dari 6 juta monthly unique users.

“Investasi Naspers akan mendukung upaya mempercepat penguatan kepemimpinan kami di Asia Tenggara, dan laju inovasi perusahaan. Kami akan terus memperluas keahlian teknologi dan kecerdasan buatan (AI) guna menghadirkan nilai tambah, kepercayaan dan kenyamanan yang lebih besar kepada para pengguna. Kami berterima kasih atas dukungan kuat dari berbagai investor baru dan lama, serta keyakinan mereka terhadap kemampuan dan semangat kami bagi misi dan misi produk,” ujar Quek.

“Kami gembira karena bisa meningkatkan jangkauan kami di Asia lewat perusahaan yang berkembang pesat seperti Carousell, dan memiliki wawasan luas di seluruh wilayah tersebut. Kami ingin belajar dari mereka dan membagikan pengalaman kami sendiri ketika beroperasi di pasar-pasar dengan pertumbuhan tinggi di lima benua. Secara bersama-sama, kami yakin, kami bisa menawarkan pengalaman iklan baris terbaik bagi pasar lokal,” kata Martin Scheepbouwer, Group CEO, OLX.

Carousell akan menyatukan kegiatan operasional dan sejumlah anak usaha OLX di Filipina, dan integrasi tersebut akan berlangsung secara bertahap sepanjang tahun ini. Raffy Montemayor, General Manager, OLX Philippines, akan mengelola kegiatan operasional Carousell di Filipina, serta memimpin transisi para pelanggan ke platform terbaru.

Komentar