Berikut Deretan Kuliner Sukabumi yang Siap Warnai Libur Lebaran 2019

JAKARTA – Sukabumi letaknya tak jauh dari Jakarta. Destinasi ini sering menjadi pilihan untuk wisata keluarga dan kuliner saat lebaran warga Jakarta. Ternyata untuk menyambut lebaran, Sukabumi telah menyiapkan ragam sajian lezat untuk dinikmati para wisatawan yang datang.

“Sukabumi ini destinasi pariwisata yang potensial. Lokasinya juga dekat dengan Jakarta. Kawasan ini menjadi destinasi ideal libur Lebaran. Selain atraksinya, Sukabumi juga kaya akan kuliner. Cita rasanya yang ditawarkan juga luar biasa. Semuanya nikmat,” ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya.

Bahkan dengan pesonanya pemerintah yakin Sukabumi mampu menjadi #PesonaMudik2019 dan #PesonaKulinerLebaran2019. Ragam kuliner yang ditawarkan menarik dan kekinian sehingga cocok untuk kaum millenial yang suka mengunggah foto di media sosial. Bahkan lokasinya pun sangat strategis dan mudah dijangkau.

“Sukabumi punya Pelabuhan Ratu dan Geopark Ciletuh. Semuanya adalah destinasi besar yang eksotis. Saat berkunjung ke Sukabumi, jangan sampai terlewatkan beragam kuliner nilkmat yang ditawarkan. Sebab, lokasinya strategis,” imbuhnya.

Berikut ini kuliner yang bisa Anda coba saat libur lebaran di Sukabumi. Dijamin bikin ketagihan

1. Gado-gado Ujang

Ini dia gado-gado khas Sukabumi yang rasanya bisa bikin nagih. Isiannya tak beda jauh dari gado-gado biasanya, namun bumbu kacangnya yang pedas dan kental sudah seperti ciri khas gado-gado Ujang.

Lokasinya ada di Jalan Jenderal A Yani 45, Sukabumi. Rasanya dijamin bikin ketagihan

2. Roti Priangan

Siapa yang tak kenal denganRoti Priangan. Roti ini menjadi legenda di Sukabumi. Roti Priangan d/h Oey Tjiang Lie ini berada di Jalan Parigi Blok A2 No.31 ini berdiri sejak 1943.

Roti Priangan d/h Oey Tjiang Lie dari awal produksi sampai saat ini, masih menggunakan mesin dan oven tradisional. Bahan bakunya pun tidak menggunakan bahan pengawet, hanya menggunakan susu, terigu dan mentega. Jadi tidak heran jika Roti Priangan ini hanya mampu bertahan hingga sehari saja. Yang menjadi ciri khas dari roti ini dipasarkan menggunakan gerobak yang tidak pernah berubah sejak awal.

Varian rasanya pun banyak. Ada Roti Tanduk, roti cokelat, roti kismis, roti nanas, roti keju, roti pisang coklat dan roti gula susu. Rasanya dijamin juara.

3. Mochi Kaswari Lampion

Sukabumi terkenal sebagai sentra mochi. Salah satunya adalah Mochi Kaswari Lampion yang nikmat.

Di sini Anda bisa menikmati mochi harga miring dengan rasa nikmat beraneka macam. Mulai dari isian cokelat, keju, wijen kacang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jangan khawatir, kecewa karena Anda bisa mencicipi tester sebelum memborongnya.

Lokasinya ada di Jalan Bhayangkara, Gg. Kaswari II, No. 9 dan 19, Sukabumi.

4. Mie Ayam Bento

Di Kota Sukabumi banyak rumah makan atau resto dan pedagang keliling yang menyediakan mie ayam. Tapi soal rasa, Mie Ayam Bento juaranya. Mie ayam Bento mempunyai rasa yang sangat khas, sehingga membuat orang yang baru pertama kali mencicipi Mie Ayam Bnto ini akan ketagihan karena kelezatannya. Mie Ayam Bento semakin nikmat disantap dengan campuran pentol, sayur segar, bawang goreng dan saus tomat.

Harga mie ayam bento juga tergolong murah, cukup merogoh kocek sekitar Rp. 10.000 hingga Rp.25.000 saja. Mie Ayam Bento berada di Jalan Mayawati, No. 61, Gunungparang, Cikole, Gunungparang kota Sukabumi. Mie ayam bento buka pada pukul 11.00 sampai dengan pukul 22.00 malam.

5. Kapinis Resto

Kapinis Resto adalah sebuah restoran ala Sunda dengan menyajikan makanan khas Sukabumi. Dengan konsep restoran ruang terbuka (outdoor) menjadikan Kapinis Resto berbeda dari segi suasana, kenyamanan, dan citarasa masakannya sendiri.

Restoran ini terletak di Kecamata Warungkiara, Sukabumi. Tempatnya unik dan asik buat nongkrong. Apalagi ada wahana permainan paintball di area belakang restoran. Wisatawan pun bisa bermain arung jeram dari resto ini. Karena tempat ini pun merupakan meeting point kegiatan arung jeram.

6. Bakso Super H. Achmad Sudja’i

Mie Bakso Super H. Achmad Sudja’i terletak di Jl. Ir. H. Juanda. Lokasi terebut sangat mudah dijangkau karena berada di jantung kota Sukabumi.

Warung bakso ini kepopulerannya hanya kalah dari Bubur Ayam Bunut yang memang sudah sangat terkenal sampai ke luar kota Sukabumi. Nah kalau Anda ke Sukabumi, tidak ada salahnya untuk mampir ke Mie Bakso Super H. Achmad Sudja’i. Rasanya sudah pasti top. Sangat pas untuk menghangatkan badan. Semangkuk bakso seharga Rp 16.000 cukup untuk menambah energi untuk melajutkan perjalanan Anda.

7. Bandros Atta Sukabumi

Bandros Atta ini terletak di Jalan Gudang, Kebonjati, Cikole Sukabumi. Bandros sendiri adalah kue tradisional yang sudah terkenal dari jaman dulu kala.

Bahan baku Bandros terdiri dari Kelapa muda sedang (tidak terlalu tua) yang diparut kasar, Tepung Beras, Santan kental dan garam. Biasanya Bandros di masak dalam cetakan khusus. Bandros Atta sendiri pertama kali di buat oleh Mbah Atta.

Mbah Atta ini mulai eksis menjual bandros pada tahun 1973-an. Mbah Atta mewariskan resep bandros-nya secara turun menurun kepada generasi penerusnya hingga sampai saat ini, bandros Atta paling terkenal otentik diantara bandros-bandros lainnya di Sukabumi.

Bandros Atta terletak di pinggir jalan Gudang, buka dari jam 8.30 malam sampai jam 6 pagi. Tapi meskipun terletak di pinggir jalan, justru itu yang menarik perhatian orang-orang yang sedang berburu kuliner sukabumi atau memang pelanggan tetap bandros Atta. Harap bersabar ketika hendak menikmati bandros Atta karena peminatnya cukup banyak maka kita harus rela antri untuk mendapatkan seporsi bandros.

8. Piscok Cakra Sukabumi

Piscok atau pisang coklat Cakra Sukabumi memang tidak pernah sepi pengunjung. Sebuah kedai yang menawarkan makanan berbahan dasar pisang ini banyak diminati oleh semua kalangan. Bahkan, tidak sedikit wisatawan asing yang jauh-jauh datang ke Sukabumi untuk mencicipi pisang coklat Cakra ini.

Piscok Cakra berada di halaman Toserba Tiara di Jl. AR. Hakim, tepatnya di seberang Bank Mandiri, Sukabumi Jawa Barat. Keistimewaan kuliner khas Sukabumi ini adalah coklatnya yang meleleh dan mengundang penasaran.

Seperti taglinenya, Piscok Cakra Beda, Coklatnya Meledak Dimulut, pisang coklat disini memang tidak perlu diragukan lagi. Rasa pisang yang khas, tingkat kematangan pisang yang juga cukup, ditambah coklat yang manis dan banyak membuat siapapun tidak akan mampu menolak penganan yang satu ini.

Pisang Coklat Cakra dibandrol dengan harga berkisar Rp 7.000 hingga Rp 24.000. Setiap harga dibedakan dengan besar kecilnya porsi, ada porsi besar maupun porsi kecil. Namun, keduanya tetap memiliki rasa yang istimewa. Untuk menu minuman di Piscok Cakra, semua minuman dibanderol dengan harga berkisar antara Rp 5.000 ke atas.

9. Mamih Ungu Cafe & Resto

Meskipun tidak terkenal sebagai daerah hits, tapi Sukabumi juga punya kedai kopi yang nyentrik. Lokasinya ada di Jalan Brawijaya No.16 Sukabumi.

Kafe ini memiliki menu lucu andalan nasi ungu berbentuk kerucut yang dikelilingi beragam lauk spesial dengan warna cerah. Adapula varian menu lain yang tak kalah menarik yakni nasi tutung oncom, chicken cordon, dan beef steak.

10. Bubur Bu Nut

Ini dia bubur paling legendaris dan populer di Sukabumi. Berlokasi di Jalan Siliwangi 93/131 Sukabumi kedai ini tak pernah sepi pengunjung.

Bubur di sini rasanya gurih, apalagi jika dicampir dengan satu ati ampela dan usus. Lucunya, di sini Anda tidak akan mememui daun bawang dan kacang dalam semangkuk buburnya.(*)

Komentar