LIPUTAN.CO.ID

DPD RI

Komite I DPD Dorong Pemerintah dan DPR Evaluasi Regulasi Pemilu

Benny Rhamdani dan Oesman Sapta

Jakarta – Ketua Komite I Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Benny Rhamdani menyatakan penyelenggaraan Pemilu Serentak 2019 telah dilaksanakan secara independen, tidak ada intervensi dari Pemerintah maupun aparatur penegak hukum (TNI/POLRI) dan BIN.

Meskipun Pemilu kali ini paling rumit yang pernah diadakan di Indonesia dan dianggap berhasil ujar Benny, namun perlu dilakukan evaluasi terhadap hal-hal yang dianggap belum optimal dalam penyelenggaraan Pemilu 2019, khususnya mempertimbangkan kembali ketentuan serentak.

“Komite I DPD RI akan melakukan evaluasi dan kajian mendalam serta mendorong agar Pemerintah, DPR RI, dan DPD RI bisa duduk bersama untuk melakukan perbaikan secara regulatif terhadap Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu melalui mekanisme yang diatur oleh undang-undang,” ujar Benny, di sela-sela Rapat Kerja Pimpinan DPD RI, Komite I DPD RI dengan Kemendagri, Kemenkumham, Kejagung, BIN, Panglima TNI dan Kapolri, di Ruang GBHN Nusantara V Kompleks Parlemen, Senayan – Jakarta, Selasa, (7/5/2019).

Selain itu, dia juga mengajak semua pihak, baik kontestan Pemilu dan seluruh elemen masyarakat untuk menghormati proses tahapan Pemilu serta menghimbau agar segala bentuk perbedaan pendapat diselesaikan dengan menggunakan koridor hukum.

Senada, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kembali menegaskan secara prinsip Pemilu berjalan demokratis, lancar, aman dan terjamin serta tidak ada satu inci pun intervensi pemerintah terhadap KPU dalam menyelenggarakan Pemilu.

“Perlu kami tegaskan lagi bahwa Pemilu yang diselengarakan KPU dilakukan secara mandiri dan ketat dan pemerintah tidak ikut campur satu incipun, kita menjaga mendukung pelaksanaan Pemilu berjalan baik dan mendukung netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam mendukung berjalannya Pemilu ini. Oleh karena itu kita perlu menghormati setiap proses dan tahapan Pemilu yang ada sampai ditetapkan nanti,” imbuh Tjahjo.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top