oleh

OSO: Pemilu 2019 Berhasil, Namun Perlu Evaluasi

Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI DR H Oesman Sapta menilai pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2019 berhasil, tertib, aman dan damai. Namun perlu evaluasi regulasi agar pelaksanaan Pemilu ke depan lebih baik.

Jika nanti ada sengketa Pemilu, OSO panggilan beken Oesman Sapta mengajak semua pihak agar menghormati instrumen-instrumen hukum dan konstitusi yang berlaku.

Loading...

Hal itu dikatakan OSO didampingi Sekretaris Jenderal DPD RI Reydonnizar Moenek kepada wartawan, di sela-sela menghadiri Rapat Kerja Pimpinan DPD RI, Komite I DPD RI dengan Kemendagri, Kemenkumham, Kejagung, BIN, Panglima TNI dan Kapolri, di Ruang GBHN Nusantara V Kompleks Parlemen, Senayan – Jakarta, Selasa, (7/5/2019).

Baca Juga :   Politikus PKS: Presiden Tolong Sediakan Dana Tenaga Kesehatan Dampingi Semua KPPS

“DPD RI mengapresiasi bahwa pelaksanaan Pemilu paling rumit dan terbesar di dunia yang baru kita laksanakan ini kita nilai berhasil. Selain itu Pemilu Serentak 2019 juga berjalan tertib, aman, lancar dengan berbagai catatan dan evaluasi untuk perbaikan ke depan,” kata OSO.

Demikian juga halnya dengan penyelenggara Pemilu seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menurut Anggota DPD RI asal Kalimantan Barat itu, sudah menjalankan tugas dengan baik tanpa ada intervensi sedikitpun dari pemerintah.

“Jadi saya minta jangan ada pihak-pihak mencoba melakukan kebohongan yang berusaha mendelegitimasi kinerja penyelenggara Pemilu, semua pihak harus menahan diri hingga tanggal 22 Mei 2019,” pungkas OSO.