oleh

Rully Nere Mencari Komposisi Tepat Tim

Timnas Wanita Indonesia kembali menjalani uji coba pada rangkaian uji coba pada seleksi dan pemusatan latihan di Sidoarjo, jawa Timur. Di uji coba kedua hari ini Garuda Pertiwi menghadapi Krian United Putra U-15 di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Jawa Timur pada Selasa (22/5) petang.
Di uji coba kali ini pelatih kepala Rully Nere melakukan eksperimen terhadap pemain yang diturunkan dengan mengubah posisi dari beberapa pemain di laga uji coba. Tujuannya tak lain untuk menguji seberapa baik seorang pemain ditempatkan pada posisi tertentu, yang pada akhirnya bermuara pada pembentukan kerangka tim untuk Kejuaraan AFF Wanita 2019 nanti.
“Pertandingan ini memang melawan putra U-15. Ini pertandingan yang bagus sekali karena kita bisa melihat pressure atau tekanan dari lawan, sehingga anak-anak bisa berusaha untuk keluar dari tekanan yang diberikan lawan tersebut. Ini yang menjadi catatan bagi kami, sehingga dalam membentuk tim ini saya bisa menilai siapa yang memiliki fighting spirit yang tinggi disini,” ungkap pelatih kepala Rully Nere.
Rully menambahkan hingga sekarang dirinya bersama tim pelatih masih memikirkan komposisi terbaik mana yang ideal bagi skuat Garuda Pertiwi mengingat banyaknya talenta-talenta baru yang bermunculan pada seleksi kali ini. “Banyak pemain yang baru bergabung pada seleksi kali ini dan penampilannya bagus-bagus. Mereka tampil maksimal dan bisa bersaing dengan para pemain yang sebelumnya sudah pernah masuk skuat Timnas. Ini menjadi peringatan bagi para pemain yang sudah pernah membela Timnas untuk tidak menganggap remeh para pemain yang ikut seleksi, karena persaingan di sini ketat dan semua dinilai,” lanjutnya
Dari sisi pemain, Rully menilai anak asuhnya menunjukkan perubahan yang signifikan menyangkut mental bermain. Meski dikalahkan Krian United Putra dengan skor akhir 0-1, namun dari segi pola permainan, mental dan komunikasi, sudah terdapat perubahan. “Di laga uji coba pertama, dari segi lawan memang cukup mudah dihadapi karena timnas di atas kertas lebih unggul, tapi di uji coba kedua ini tim jauh lebih tenang dan berkomunikasi. Yang penting semangat.”
Pelatih berusia 62 tahun ini juga menambahkan, pemain-pemain yang diturunkan pada laga uji coba ini, 80 persen kemungkinan akan menjadi 11 pemain terpilih yang akan memperkuat Timnas Wanita Indonesia di Kejuaraan AFF 2019 nanti. “Yang saya turunkan kemungkinan besar akan saya bawa ke kejuaraan nanti, sudah 80 persen mereka. Tapi yang selalu saya ingatkan, selama seleksi disini, semua harus tunjukkan yang terbaik, karena mereka membawa lambang Garuda di dada mereka. Disitulah kebanggaannya,” tutupnya. (pssi)
Berikut jadwal uji coba Timnas Wanita Indonesia di Sidoarjo, Jawa Timur.
Rabu, 22 Mei 2019, 20.00 WIB
Stadion Gelora Delta, Sidoarjo
vs Persema Putri Kota Malang
Kamis, 23 Mei 2019, 16.00 WIB
Stadion Jenggolo, Sidoarjo
vs Gala Siswa Indonesia (GSI) Select Sidoarjo Putra U-15
Jumat, 25 Mei 2019, 16.00 WIB
Stadion Jenggolo, Sidoarjo
vs Persida Putri Sidoarjo
Loading...
loading...