Timnas Wanita Jalani Rangkaian Uji Coba

Timnas Wanita Indonesia menjalani  rangkaian uji coba untuk mematangkan permainan dan mendapatkan formasi ideal. Laga uji coba dilangsungkan di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Jawa Timur, mulai Senin (20/5) petang, sampai Jumat (25/5).

Pada uji coba pertama Senin kemarin, Timnas menang 16-0 atas klub Srikandi Mojopahit Mojokerto. Pelatih kepala Tim Nasional Wanita, Rully Nere menyatakan uji coba yang berlangsung selama 5 hari berturut-turut ini sengaja dilakukan untuk menemukan komposisi dan kerangka tim untuk turnamen terdekat yakni Kejuaraan AFF Wanita pada Agustus mendatang.

“Ini uji coba pertama, tujuannya tak lain agar pemain-pemain ini menerapkan apa yang sudah dilatih selama ini. Seminggu terakhir kami tim pelatih memberikan pola permainan dan prinsip bermain kolektif, tinggal kita nilai pemain ini menerapkannya atau tidak di laga uji coba ini” ungkapnya.

Bermain selama 2×45 menit, skuat Garuda Pertiwi berhasil mencatatkan kemenangan atas Srikandi Mojopahit dengan skor telak 16-0. Febriana Kusumaningrum asal Jawa Tengah mencatat gol paling banyak yakni 4 gol, diikuti rekan sedaerah Risqiyanti sebanyak 3 gol, Anggi Puspita Sari asal D.I Yogyakarta dan Jesella Arifya asal Kalimantan Timur masing-masing 2 gol, serta Ade Mustikiana, Yudith Sada, Octavianti Dwi Nurmalita, Nurhayati dan Mayang ZP yang juga masing-masing berkontribusi dengan mencetak 1 angka.

Namun kemenangan besar di laga uji coba ini tak menjadi fokus dari Rully Nere. Pelatih berusia 62 tahun ini menekankan bukan besarnya angka kemenangan yang patut dirayakan, namun melihat secara rinci lagi proses dari terciptanya gol yang jauh lebih penting pada laga uji coba yang dilakoni oleh skuat polesannya. “Harus diakui lawan memang dibawah, tetapi cara bermain yang harus dinilai di sini. Bukan hasil, tetapi cara kerjasama hingga gol itu tercipta, belasan gol untuk hari ini, tetapi hanya beberapa saja yang benar-benar melalui proses yang selama ini diterapkan”

Menyangkut jadwal pertandingan uji coba yang berlangsung 5 hari secara berturut turut tanpa henti, Rully mengatakan “Sampai sekarang masih cari komposisi tim yang pas, untuk sebelas pemain pertama yang akan diturunkan, makanya hari ini sedikit berbeda pemain utama yang diturunkan. Tidak semua pemain dimainkan full di 5 laga uji coba karena banyak juga yang berpuasa, jadi pemain yang diturunkan bergantian dan komposisinya bisa berbeda di tiap laga. Saya akan kasih kesempatan untuk semua bermain yang menunjukkan kemampuan mereka”. (pssi)

Di sisa 4 hari berakhirnya seleksi dan pemusatan latihan, Timnas Wanita akan melakoni 4 uji coba pada 4 hari berturut-turut. Berikut jadwal uji coba Timnas Wanita Indonesia:

Selasa, 21 Mei 2019, 16.00 WIB
Stadion Jenggolo, Sidoarjo
vs Krian United Putra U-15

Rabu, 22 Mei 2019, 20.00 WIB
Stadion Gelora Delta, Sidoarjo
vs Persema Putri Kota Malang

Kamis, 23 Mei 2019, 16.00 WIB
Stadion Jenggolo, Sidoarjo
vs Gala Siswa Indonesia (GSI) Select Sidoarjo Putra U-15

Jumat, 25 Mei 2019, 16.00 WIB
Stadion Jenggolo, Sidoarjo
vs Persida Putri Sidoarjo

Komentar