oleh

Timnas Wanita Terus Tunjukkan Perkembangan Positif

Tim Nasional Wanita Indonesia memetik kemenangan di laga uji coba saat menghadapi Persema Putri Kota Malang di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur pada Rabu (22/5) malam. Menghadapi tim asal Malang, Garuda Pertiwi menang dengan skor akhir 7-1.

Ini menjadi hal positif bagi Timnas Wanita, mengingat di laga uji coba sehari sebelumnya, skuat asuhan Rully Nere ini sempat kalah tipis 0-1 dari Krian United Putra U-15, meski telah meraih kemenangan besar 16-0 di laga uji coba pertama kontra Srikandi Mojopahit Mojokerto pada 20 Mei 2019 lalu.

Tampil untuk pertama kali di Stadion Gelora Delta Sidoarjo tak membuat Timnas Wanita gugup. Bahkan Timnas langsung membuka keunggulan 2 menit pasca peluit kick off dibunyikan melalui aksi pemain asal Jawa Timur, Fina Andartih. Pundi-pundi gol kembali bertambah sebelum babak pertama berakhir. Pemain asal DKI Jakarta dan Kalimantan Timur yakni Pani Trioktavianti serta Jesella Arifya Sari juga mencatatkan namanya di papan skor pada menit 23 dan 34. Sementara Persema Putri Kota Malang hanya mencatat 1 gol di laga ini melalui tendangan bebas Anisa Widyawati pada menit 28. Di babak pertama Timnas Unggul 3-1.

Baca Juga :   Serena Williams Lolos ke Final Wimbledon 2018

Memasuki babak kedua, rotasi pemain terus dilakukan pelatih Rully Nere di berbagai sektor. Hasilnya, skuat Garuda Pertiwi kembali mencatat 4 gol tambahan lagi di babak kedua ini, masing-masing dicetak oleh pemain asal D.I Yogyakarta, Octavianti Dwi dan Anggi Puspita Sari pada menit ke 64 dan 76, pemain asal Jawa Tengah Febriana Kusumaningrum pada menit ke 78 dan gol penutup dari pemain asal Sumatera Utara pada menit 82. Laga uji coba pun berakhir dengan skor meyakinkan 7-1.

Pelatih Rully Nere mengatakan saat ini tim asuhannya sudah mulai mengerti pola permainan yang akan diterapkan, meski komunikasi antar pemain masih sedikit kurang. “ Pertandingan uji coba ini harus ada peningkatan dari laga ke laga. Kerangka tim sudah mulai terbentuk. Memang ada beberapa pemain yang terus dimainkan berulang-ulang kali untuk melihat apa mereka pantas masuk tim inti nantinya atau tidak” ungkap pelatih kepala Rully Nere

Baca Juga :   Liverpool Puncaki Klasemen, Setelah Tundukan Fullham 2 - 0

Rully menambahkan selama uji coba yang digelar, dirinya bersama tim pelatih tidak melihat hasil akhir gol yang dipetik skuat Garuda Pertiwi, namun lebih melihat proses yang terjadi. “Saya selalu tekankan, jika bermain harus punya visi dang mengerti pola, apa yang harus dilakukan ketika menyerang dan diserang. Harus tahu apa yang dilakukan saat transisi. Dan terutama fighting spiritnya harus ada” tutupnya.

Yang menarik gol perdana yang dicetak Timnas pada laga uji coba ini dicetak langsung oleh pemain Asal Jawa Timur, Fina Andartih. Ini merupakan pengalaman pertama bagi Fina untuk mengikuti laga uji coba yang sudah berlangsung selama 3 hari ini. “Ini pertama kalinya saya menjadi starter untuk laga uji coba. Alhamdulillah bisa mencetak gol di awal laga tadi, meski ada hal-hal yang juga harus di perbaiki seperti komunikasi dan koordinasi” ungkapnya

FIna juga merasa bangga karena untuk pertama kalinya dirinya bermain di Stadion Gelora Delta Sidoarjo. “Semua serba pertama buat saya, pertama kali dipanggil seleksi timnas, pertama kali bertanding di laga uji coba dan main di depan banyak suporter, serta pertama kali main di stadion besar. Bangga bisa bermain di Stadion Gelora Delta, karena ini salah satu stadion besar di Jawa Timur, apalagi saya dari Kediri. Terimakasih untuk coach yang sudah memberi saya kesempatan bermain” tutupnya

Baca Juga :   Mustahil Juara MotoGP Vinales Incar Target Lain, Singkirkan Dovi!

Timnas Wanita masih dijadwalkan untuk mengikuti uji coba lagi di sisa hari seleksi dan pemusatan latihan di Sidoarjo, Jawa Timur. Seleksi dan pemusatan latihan akan dilakukan hingga laga uji coba terakhir pada 24 Mei, sebelum ada pengerucutan pemain menjadi 23 pemain yang akan dibawa ke kejuaraan AFF Wanita 2019 di Thailand pada Agustus mendatang. (pssi)

Jadwal Uji Coba Timnas Wanita di Sidoarjo, Jawa Timur

Kamis, 23 Mei 2019, 16.00 WIB
Stadion Jenggolo, Sidoarjo
vs Gala Siswa Indonesia (GSI) Select Sidoarjo Putra U-15

Jumat, 25 Mei 2019, 16.00 WIB
Stadion Jenggolo, Sidoarjo
vs Persida Putri Sidoarjo

Loading...

Komentar