Uji Coba Mempertajam Visi Permainan

Timnas Wanita menghadapi Gala Siswa Indonesia (GSI) Select Putra U-15 di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Jawa Timur pada Kamis (23/5) petang. Ini merupakan uji coba keempat yang dilakoni skuat Garuda Pertiwi pada rangkaian uji coba yang tengah dilakukan pada seleksi dan pemusatan latihan Tim Nasional Wanita saat ini.

Berlaga dengan tim putra di laga uji coba menjadi pertandingan kedua kalinya bagi Timnas Wanita, setelah sebelumnya pernah menghadapi tim pria juga pada laga uji coba pertama kontra Krian United Putra U-15 pada Senin (20/5) lalu dengan kekalahan tipis 0-1. Menghadapi tim Gala Siswa Indonesia Select Putra U-15, Timnas Wanita harus mengakui keunggulan tim tuan rumah dengan skor akhir 0-2.

Di uji coba kali ini pelatih Rully Nere mengaku tak terkejut dengan hasil yang diterima mengingat tujuan diadakannya uji coba ini memang untuk mempertajam visi para pemain agar mengerti pola permainan dan tahu apa kelemahan yang timnas miliki untuk dijadikan evaluasi.

“Uji coba kali ini kami memang menghadapi lagi tim putra, tujuan dari diadakan uji coba secara umum sudah jelas untuk menguji anak-anak melalui game atau pertandingan. Tetapi menghadapi tim putra untuk kedua kalinya kali ini, tujuannya lebih melihat bagaimana pemain menjalankan instruksi yakni menyangkut upaya bertahan kemudian counter attack. Kita fokuskan ke transisinya,” ungkap pelatih kepala Timnas Wanita Rully Nere.

Rully juga menekankan kekalahan Timnas Wanita bukan karena faktor kelelahan pemain, namun kembali lagi kepada individu pemain yang belum sepenuhnya mengerti dengan posisi mereka ketika di lapangan.

“Selain banyaknya pemain lama yang kembali dipanggil, pada seleksi dan pemusatan latihan ini banyak juga pemain-pemain baru yang kebanyakan belum mengerti pola yang dimainkan. Secara skill, mereka semua bagus dan kemampuannya hampir merata. Tetapi secara individu, beberapa pemain lama masih bingung dengan posisi mereka ketika bermain. Ini tantangannya,” kata Rully.

Setelah sempat membongkar pasang pemain di 3 uji coba sebelumnya, Rully Nere dan tim pelatih pun sudah memastikan 11 pemain yang sudah pasti terpilih untuk AFF Wanita bulan Agustus nanti. “11 nama itu sudah ada untuk AFF nanti, pemain cadangannya juga. Kami sebagai tim kepelatihan sudah bisa pastikan tidak ada gap yang begitu jauh antara pemain inti dan cadangan, seleksi di sini memang sangat ketat dan kompetitif. Bagus sekali ada uji coba seperti ini supaya memudahkan kami untuk membentuk kerangka tim,” tutupnya

Timnas Wanita akan menjalani uji coba terakhir kontra tuan rumah Persida Putri Sidoarjo di Stadion Jenggolo, Sidoarjo, Jawa Timur. Dengan diselenggarakannya uji coba terakhir ini maka berakhir pula seleksi dan pemusatan latihan Timnas Wanita di Sidoarjo, Jawa Timur. (pssi)

Berikut Jadwal dan Hasil Uji Coba Timnas Wanita di Sidoarjo, Jawa Timur

Jadwal
Jumat, 25 Mei 2019, 16.00 WIB
Stadion Jenggolo, Sidoarjo
vs Persida Putri Sidoarjo

Hasil
Senin, 20 Mei 2019
vs Srikandi Mojopahit Mojokerto (16-0)

Selasa, 21 Mei 2019
vs Krian United Putra U-15 (0-1)

Rabu, 22 Mei 2019
vs Persema Putri Kota Malang (7-1)

Kamis, 23 Mei 2019
vs Gala Siswa Indonesia (GSI) Select Sidoarjo Putra U-15 (0-2)

Komentar