oleh

Belum Dimulai, Pesta Kesenian Bali 2019 Sudah Heboh di Dunia Maya

DENPASAR – secara resmi, Pesta Kesenian Bali 2019 baru dibuka 15 Juni nanti. Namun, keberadaannya sudah disambut gegap gempita di dunia maya. Event ke-41 itu menjadi trending topic melalui beberapa hastag. Ada #AyoKePestaKesenianBali2019 dan #PestaKesenianBali2019.

Pesta Kesenian Bali 2019 akan berlangsung hingga 13 Juli nanti. Rangkaian event ditandai Pawai Pesta Kesenian Bali, Sabtu (15/6), pukul 14.00 WITA. Lokasinya ada di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Denpasar. 4.370 peserta akan terlibat dalam kegiatan ini. Yang lebih seru, pawai juga akan diikuti Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Keseruan Pesta Kesenian Bali akan berlanjut Sabtu (15/6) malam. Sekitar pukul 20.00 WITA. Lokasinya di Panggung Terbuka Ardha Candra, Taman Budaya, Denpasar. Agendanya adalah Oratorium Tari Bali Padma Bhuwana yang dibawakan ISI Denpasar.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengungkapkan, publik selalu memberikan perhatian besar terhadap event tersebut.

Baca Juga :   Yuk, Tonton Jakarta Flora Fauna Carnaval Festival, 1-30 November 2018

“Pesta Kesenian Bali selalu mendapat perhatian besar. Event ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Kontennya memang sangat menarik. Kemasannya selalu berbeda. Dengan komposisi unik dan menarik, wajar bila para netizen juga ramai membicarakan Pesta Kesenian Bali,” ungkap Menpar, Kamis (13/6).

Pesta Kesenian Bali Ke-41 2019 berhasil menyita perhatian publik. Hastag #AyoKePestaKesenianBali2019 pun saat ini menjadi Trending Topic di Twitter. Hingga Kamis (13/6) pukul 17.00 WIB, hastag itu masuk 10 besar. Sedikitnya ada 2.676 Tweets. #AyoKePestaKesenianBali2019 tersebut berkibar bersama hastag isu umum lainnya.

“Menjadi Trending Topic tentu sangat bagus. Artinya, event ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Pesta Kesenian Bali merupakan event yang besar. Ada banyak experience yang ditawarkan pada wisatawan,” terang Arief yang juga Menpar Terbaik Asia Pasifik.

Baca Juga :   Festival Pesona Bunaken 2018 : Sulut Semakin Terbuka Lebar, Manado Harus Jaga Atraksi

Hastag lain, #PestaKesenianBali2019, juga mendapatkan porsi lebih di dunia maya. Hastag tersebut masuk top 5 Trending Topic di Twitter. Total ada 2.193 Tweet. #PestaKesenianBali2019 mampu bersaing dengan isu-isu politik dan hastag umum lain. Menpar menambahkan, Pesta Kesenian Bali secara konten berkualitas.

“Konten-konten yang ditawarkan Pesta Kesenian Bali sangat berkualitas. Semuanya menarik dengan fokus utama warna budaya. Secara budaya, Bali memang luar biasa. Beragam tradisi warisan leluhur masih lestari, bahkan bersanding dengan nuansa kekinian,” lanjutnya.

#PestaKesenianBali2019 menghasilkan 3.377 postingan. Dari komposisi itu, total reach yang dihasilkan 330.885. Untuk total exposurenya mencapai 11,5 Juta. Dari komposisi itu, Retweet netizen mencapai 42,29% dan 40,23% Reply. Jumlah Like yang diberikan sekitar 17,48%.

Ketua Tim Pelaksana CoE Esthy Reko Astuty menjelaskan, perhatian besar publik menjadi potensi menjanjikan.

Baca Juga :   Yuk, Simak Budaya Lokal di Festival Crossborder Entikong

“Respon besar publik terhadap Pesta Kesenian Bali tentu sangat menggembirakan. Bila event ramai oleh wisatawan tentu bagus bagi perekonomian. Artinya, ada potensi transaksi besar yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Dengan begitu, penyelenggaraan event selalu tepat sasaran,” jelas Esthy.

Mengacu #PestaKesenianBali2019, respon positif 69,5% diberikan netizen. Slot negatifnya sangat kecil, hanya 3,6%. Untuk posisi netral sekitar 26,9%. Apresiasi positif diberikan melalui text dengan slot 99,61% lalu sisanya image dan video.

Respons tersebut membuat Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh Ricky Fauziyani optimistis Pesta Kesenian Bali 2019 akan berjalan sukses.

“Kami optimistis, event ini akan sukses besar. Sukses penyelenggaraan dengan jumlah pengunjung besar. Lebih penting lagi, pergerakan wisatawan terus naik,” tutur Ricky.(*)

Loading...

Komentar