oleh

HKUST – WeBank Luncurkan Laboratorium Bersama HK-Guangdong Pertama Perbankan

HONG KONG – Pada 20 Mei, Hong Kong University of Science and Technology (HKUST) dan WeBank Co. Ltd (WeBank) mengumumkan pembentukan Laboratorium Bersama (Joint Laboratory) HKUST-WeBank guna menjajaki sejumlah teknologi mutakhir dan membina SDM. Kemitraan ini juga menjadi platform inovasi kolaboratif tingkat tinggi bagi berbagai perusahaan, universitas, dan lembaga penelitian, serta mempromosikan alih pengetahuan di bawah naungan GBA Development Framework.

Acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama

Sebagai bank swasta pertama di Tiongkok yang hanya bergerak di sektor digital (digital-only bank), laboratorium bersama ini tak hanya menjadi kolaborasi riset perdana WeBank dengan universitas lokal di Hong Kong, namun juga menjadi proyek laboratorium perbankan bersama yang pertama antara Guangdong dan Hong Kong. Menurut perjanjian kerja sama, komite sains akan dibentuk untuk mengidentifikasi sejumlah proyek relevan bagi kedua pihak, meliputi beberapa bidang termasuk machine learning, blockchain, kegiatan operasional dengan kecerdasan buatan (AI), dan data mining demi proyek riset yang mendalam.

Sejumlah tamu yang hari ini ikut meresmikan kerja sama, termasuk Prof. Wei SHYY, President, HKUST; Prof. Lionel NI, Provost, HKUST; David KU, Chairman & CEO, WeBank; LI Nanqing, President, WeBank; Prof. Tim CHENG, Dean of Engineering, HKUST dan Kepala Laboratorium Bersama HKUST-WeBank; YANG Qiang, Chief AI Officer, WeBank dan Chair Professor for Computer Science and Engineering, HKUST. Perjanjian kerja sama diteken oleh Prof. Nancy IP, Vice-President for Research and Development, HKUST, serta Henry MA, Executive Vice-President & Chief Information Officer, WeBank.

Baca Juga :   JOOX Hadirkan Layanan Music Streaming Gratis

Chairman & CEO, WeBank, David Ku mendapat kehormatan untuk bermitra dengan HKUST, “Laboratorium bersama ini menjadi tonggak penting dalam kolaborasi HKUST dan WeBank. Berpikiran terbuka, open-source, dan kolaboratif, laboratorium ini akan berpegang teguh pada GBA, dan memanfaatkan peluang pengembangan serta merangkul dunia. Laboratorium ini bervisi untuk mewujudkan kolaborasi inklusif bersama segala jenis mitra potensial dalam memajukan Teknologi Finansial (TekFin) sebagai algoritme mendasar dan penelitian teknologi. Kami ingin memperoleh lebih banyak kasus penggunaan dan model bisnis inovatif yang mengatasi sejumlah kendala para pelanggan UKM dan ritel.”

President, HKUST, Prof. Wei Shyy juga mengungkapkan kegembiraannya. “Di era inovasi yang penuh terobosan ini, sains, teknologi, kreativitas bisnis, beserta pendekatan yang mengutamakan manusia merupakan elemen-elemen penting untuk menggerakkan pembangunan sosio-ekonomi. Hong Kong, sebagai kota progresif dan bahkan yang terkemuka di dunia, dinilai ideal untuk platform kolaboratif yang demikian. HKUST telah merintis kolaborasi dengan WeBank tahun lalu, dalam kajian opini publik dan antipencucian uang demi peningkatan kinerja bank tersebut serta keahliannya dalam menangani krisis. Saya berharap, lewat keahlian riset HKUST dan pengalaman WeBank dalam penggunaan sejumlah teknologi inovatif pada industri perbankan di Tiongkok daratan, kami akan bisa mengembangkan sejumlah teknologi perbankan yang baru demi menghasilkan sejumlah produk dengan dampak sosial yang positif, berbarengan dengan kerja sama kami yang bertambah luas,” jelasnya.

Baca Juga :   Apple Siapkan Jagoan Anyar untuk Ramaikan Pasar Tablet

Beberapa topik riset yang potensial pada laboratorium bersama ini mencakup: bagaimana cara melindungi kerahasiaan data di tengah maraknya praktik berbagi sumber daya, dan bagaimana cara membentuk konsorsium blockchain atau menggunakan sejumlah teknologi baru seperti model bisnis yang kolaboratif. Laboratorium ini akan berupaya untuk meningkatkan keahlian manajemen risiko bank dengan memantau berbagai transaksi bank, serta membantu para petugas bank dalam menjalankan analisis risiko dan pemeliharaan sistem melalui machine learning dan data mining. Laboratorium tersebut juga akan berupaya untuk meningkatkan perkembangan industri perbankan lewat TekFin dan sejumlah teknologi mutakhir lainnya. Sejauh ini, sembilan proposal riset telah dikirimkan kepada laboratorium bersama, di sektor blockchain, manajemen risiko, dan AI.

Tentang WeBank Co. Ltd
WeBank diprakarsai oleh Tencent, dan resmi diluncurkan pada 16 Desember 2014, menjadi bank yang hanya bergerak secara digital (digital-only bank) di Tiongkok yang mempromosikan keuangan inklusif. Hingga kini, WeBank telah meluncurkan produk pinjaman mikro personal (“Weilidai”) serta sebuah produk pinjaman UKM (“Weiyedai”). Kedua produk ini termasuk di antara banyak produk yang murni tersedia di media daring, memiliki lebih dari 100 juta nasabah ritel dan lebih dari 500.000 nasabah UKM pada 2018. WeBank juga telah memakai sistem perbankan inti terdistribusikan yang pertama di Tiongkok, mampu menangani transaksi bervolume tinggi dan berfrekuensi tinggi. Sistem ini telah didaftarkan untuk 234 paten teknologi secara keseluruhan. WeBank sangat menganut teknologi ‘ABCD’ (A.I., Blockchain, Cloud Computing, Big Data) sebagai beberapa fokus strategisnya, dan merupakan pemimpin aktif dalam sejumlah riset dan aplikasi relevan di sektor keuangan.

Baca Juga :   OPPO dan INSTAX Kolaborasi Hadirkan F11 Jewelry White Exclusive Bundling Package Spesial di Bulan Ramadan

Tentang Hong Kong University of Science and Technology
Hong Kong University of Science and Technology (HKUST) (www.ust.hk) ialah universitas riset kelas dunia yang menitikberatkan sains, teknologi, dan bisnis, serta humaniora dan ilmu sosial. HKUST menawarkan sebuah kampus internasional, serta pedagogi holistis dan interdisipliner guna membina berbagai lulusan yang piawai dan bervisi global, memiliki semangat kewirausahaan serta pola pikir inovatif yang baik. HKUST memiliki karya penelitian terbaik yang bertaraf dunia dengan jumlah terbanyak dalam Research Assessment Exercise 2014 yang dilakukan University Grants Committee, Hong Kong, serta menyandang gelar sebagai universitas muda terbaik di dunia dalam Times Higher Education’s Young University Rankings 2018. Para lulusannya berada di peringkat ke-16 di seluruh dunia, dan menjadi yang terbaik di Tiongkok Raya dalam Global University Employability Survey 2018.

Loading...
loading...