Panglima TNI dan Kapolri Yakin Arus Mudik Lebaran 2019 Via Tol Trans-Jawa Lancar

KILASJATENG.COM, BREBES – Panglima (TNI) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian melakukan peninjauan sekaligus memantau secara langsung situasi arus mudik lebaran 2019 di Gerbang Tol Brebes Barat, Jumat (31/5).

Di Pos Terpadu Gate Tol Brebes Barat, Panglima TNI dan Kapolri menerima paparan dari Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel tentang kondisi dan situasi terkini serta kesiapan aparat dalam melaksanakan operasi candi di wilayah Jawa Tengah.

Menurut dia, tol Trans-Jawa (Jakarta-Surabaya) sepanjang kurang lebih 1.000 kilometer dan diresmikan pada Desember 2018, saat ini difungsikan dengan sistem one way (satu arah).

“Kami memberlakukan penerapan sistem satu arah Trans-Jawa mulai dari Cikarang Jabar hingga Ngawi Jatim jika diperlukan, yaitu jika terjadi kemacetan,” kata Kapolri.

Saat ini sistem satu arah, kata Kapolri, diberlakukan mulai dari Cikarang sampai ke Simpang Susun tol Brebes Barat KM 263 BB.

Ia mengatakan, untuk kendaraan yang akan memasuki wilayah Kabupaten Brebes maupun melanjutkan perjalanan ke arah selatan, yaitu menuju wilayah Kabupaten Banyumas, Cilacap dan sekitarnya diurai melalui pintu tol Pejagan, Brebes Barat, dan Brebes Timur.

“Sementara bagi para pengguna jalan tujuan Jakarta, semuanya melalui jalan raya pantura,” ungkapnya.

Menurutnya, puncak arus mudik Lebaran 2019 diprediksi terjadi pada Minggu (2/6/2019). “Untuk arus mudik H-5 Lebaran, arus muidk lebih lancar dibandingkan kemarin,” kata Kapolri.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Panglima TNI bersama Kapolri dan Pemerintah mengaku puas dengan kelancaran lalu-lintas sampai saat ini, meskipun adanya antrian kendaraan di simpang susun.

“Overal, arus mudik lebih lancar dan jauh lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Rekayasa ini, kali pertama dilakukan guna memastikan mudik lebaran kali ini aman, lancar dan nyaman,” ujarnya. (Lis)

Komentar