Politikus PKS Minta Percayakan MK Penyelesai Sengketa Pilpres

Jakarta – Wakil Ketua Komisi II DPR RI Mardani Ali Sera minta semua pihak yang sedang bersengketa di Mahkamah Konstitusi (MK) untuk percaya terhadap integritas dan kapasitas hakim di lembaga Mahkamah Konsitusi (MK) bisa menyelesaikan semua perkara Pemilu khususnya pemilu presiden 2019 dengan seadil-adilnya.

“Saya minta mari kita percaya pada intergritas, dan kapasitas majelis Hakim di Mahkamah Konstitusi,” kata Mardani, di Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Menurut politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, MK adalah salah satu lembaga Negara produk reformasi yang punya kedudukan spesial serta memiliki sejarah penyeimbang tiga lembaga negara yaitu eksekutif legislatif dan yudikatif.

Karena itu menurut Mardani, semua pihak harus percaya lembaga MK bisa benar-benar independen dan profesional. “Saya masih percaya, marwah peradilan kita masih hidup pada hakim-hakim MK yang sekarang,” tegasnya.

Meski demikian, Mardani menganggap wajar saat ini MK menjadi sorotan masyarakat banyak. Namun fenomena tersebut MK bisa dijadikan momentum oleh MK sebagai pembuktian bahwa lembaga ini sangat diperlukan dan bersikap adil dan profesional,” ujar Mardani.

Ia menyatakan mendukung pernyataan Hakim MK Suhartoyo bahwa akan memasuki masa berat pembuktian merupakan pernyataan yang sangat bijak. “Bukti dan hanya bukti yang harus dijadikan landasan putusan yang berkeadilan,” katanya.

Terkakhir, Mardani mengajak semua masyarakat untuk mendokaan majelis Hakim MK. Saya mengajak Tim Hukum Prabowo Sandi dan Jokowi Ma’ruf diberi kebijakanan untuk menjadikan sidang MK sebagai ajang edukasi publik agar masyarakat kian dewasa dalam berdemokrasi,” pungkasnya.

Komentar