Sering Terjaga Tengah Malam? Ini Solusinya

Terbangun di tengah malam adalah hal yang wajar dan bagian dari DNA manusia. Bahkan, 4 sampai 6 kali terbangun tiap malamnya adalah hal yang normal terjadi.

“Kembali seperti pada masa manusia gua dimana salah satu dari mereka akan terbangun untuk memeriksa keadaan sekitar, memastikan tidak ada harimau yang masuk, lalu kembali tertidur,” ujar pakar tidur, Dr. Jose Colon seperti dikutip dari MensHealth.com.

Namun, jika terbangun dan kesulitan untuk kembali tertidur, lanjut Colon, itu adalah hal yang berbeda. Berikut beberapa alasan orang sulit tertidur ketika terbangun di tengah malam menurut penulis The Sleep Diet itu:

1. Anda kepanasan
Anda sulit tidur pulas mungkin salah satu penyebabnya adalah temperatur yang panas. Bisa jadi AC rumah anda sudah tidak dingin, atau cuaca tidak bersahabat menyebabkan panas ruangan yang berlebih.

Dr. Marc Leavey dari Mercy Medical Center di Baltimore menyarankan untuk mandi dengan air hangat sebelum tidur.

“Mandi air hangat meningkatkan panas tubuh, sehabis mandi air hangat akan terjadi penurunan suhu tubuh,” jelas Leavey.

2. Anda masih mengakses sosmed
Jika mengakses sosmed menjadi bagian dari aktifitas tidur anda, ini bisa menjadi salah satu penyebabnya.

“Mata yang terekspos pada sinar (gagdet) di malam hari menghambat tubuh menghasilkan melatonin, yang adalah hormon tidur,” ungkap peneliti dari Carroll University, Richard L. Hansler, Ph.D..

Jika hal ini terjadi pada anda, padamkan lampu ruangan dan pastikan anda tidak mengakses ponsel anda hingga terlelap.

3. Anda sedang tertekan
Stress adalah salah satu penyebab orang untuk tidur dengan nyaman di malam hari. Lakukan meditasi sebelum tidur, dengan pikiran yang lebih relaks, tidur anda akan menjadi lebih berkualitas.

“Meditasi dan relaksasi progresif terbukti efektif untuk mengatasi gangguan tidur, salah satunya terbangun dari tidur akibat stress,” kata Lekeisha A. Sumner, Ph.D., psikolog dari University of California.