oleh

Timnas Indonesia Menang Besar Atas Vanuatu

Tim Nasional Indonesia sukses menang besar 6-0 atas Vanuatu pada laga uji coba internasional (FIFA A Match) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (15/6) malam. Keenam gol Indonesia dicetak oleh empat gol Alberto Goncalves pada menit ke-2, 47′, 61′, 65′ dan dua gol Evan Dimas menit 18′ dan 74′.

Pada laga ini, pelatih Indonesia, Simon McMenemy melakukan perombakan separuh dari komposisi starter yang diturunkan ketika dikalahkan Yordania pada laga uji coba sebelumnya. Di lini depan, ia mengandalkan duet Alberto ‘Beto’ Goncalves dan Irfan Bachdim.

Indonesia langsung tancap gas selepas wasit meniupkan peluit kick-off. Hasilnya, tuan rumah sudah membuka keunggulan ketika laga baru berjalan dua menit. Umpan Andik Vermansah dari sisi kiri serangan disambut sontekan Beto untuk menjebol gawang Vanuatu.

Baca Juga :   Real Madrid Sepakat Lepas Toni Kross ke Manchester United, Tapi.....

Tim tamu berusaha bangkit untuk menyamakan kedudukan. Vanuatu bisa memanfaatkan celah di pertahanan Indonesia, satu diantaranya dari Elkington Molivakarua di menit ke-11, namun tidak membuahkan hasil.

Pada menit ke-20, Indonesia unggul 2-0 lewat Evan Dimas usai melepaskan tembakan voli dengan memanfaatkan umpan Beto yang tak bisa dibendung kiper Dick Taiwia.

Sejumlah peluang yang didapat Indonesia tidak berhasil dimaksimalkan dengan baik, sehingga skor 2-0 untuk tim Garuda menutup babak pertama.

Pada babak kedua, Indonesia langsung menggebrak pertahanan Vanuatu. Hasilnya, Beto sukses memperlebar keunggulan menjadi 3-0 ketika babak kedua berjalan tiga menit ketika menanduk umpan Andik.

Gol ini makin menumbuhkan kepercayaan diri pemain Indonesia. Tim Merah Putih menunjukkan dominasi mereka dengan memperbesar keunggulan di menit ke-60 lewat aksi individu Beto yang memperdayai sejumlah pemain belakang Vanuatu sebelum menceploskan bola ke dalam gawang.

Baca Juga :   Disebut Tak Betah di PSG, Neymar Menyesal Tinggalkan Barcelona

Setelah peluang emasnya ke gawang kosong di menit ke-63 digagalkan bek Joseph Solo Lui Iaruel sebelum melewati garis, Beto membayar lunas kegagalannya itu dengan mencetak quat-trick selang dua menit kemudian.

Kendati telah unggul 5-0 gol, Indonesia tidak menurunkan tekanan. Hal ini setelah umpan pendek Dedik Setiawan dituntaskan Evan Dimas pada menit ke-74. Sko pun berubah menjadi 6-0.

Selepas laga berjalan 80 menit, Indonesia sedikit menurunkan tempo permainan. Kondisi ini dimanfaatkan Vanuatu untuk melakukan tekanan. Namun hingga peluit panjang ditiupkan wasit, skor 6-0 tidak mengalami perubahan.

Susunan pemain kedua tim:

Indonesia: Andritany Ardhiyasa; Ricky Fajrin, Yanto Basna, Hansamu Yama, Yustinus Pae, Evan Dimas, Zulfiandi, Riko Simanjuntak, Andik Vermansah, Alberto Goncalves, Irfan Bachdim.
Cadangan: Awan Setho; Achmad Jufriyanto, Novri Setiawan, Arthur Bonai, Rizky Pellu, Rizky Pora, Ruben Sanadi, Febri Hariyadi, Dedik Setiawan.

Baca Juga :   FORNAS Ajang PERBAFI Seleksi Atlet Menuju Kejuaraan Internasional

Pelatih: Simon McMenemy

Vanuatu: Dick Taiwia; Selwyn Vatu, Joseph Solo Lui Iaruel, Jason Thomas, Michael Coulon, Daniel Natou, John Alick, Bong Kalo, Elkington Molivakarua, Kensi Tangis, Tony Kaltak.
Cadangan: James Chilia; Johnathan Spokeyjack, Gordhem Shatjen Donna, Ronaldo Wilkins, Patti Bill Nicholls, Jeffery Bob, Andre Magenok Jimmy Batick, Azariah Soromon. (pssi)

Pelatih: Paul Munster

Loading...
loading...