Begini Alasan Mengapa Harus Mengkonsumsi Pare

Pare adalah jenis sayuran yang tumbuh di daerah beriklim tropis. Karena rasanya yang pahit, tidak sedikit orang menghindari jenis sayuran ini. Padahal, meski terasa pahit, pare ternyata sangat kaya akan manfaat.

Menurut para ahli, sebagaimana dilansir Home Food and Remedies, pare tidak hanya kaya akan asam folat, vitamin c dan vitamin B namun juga berisikan flavonoid, molekul dengan sifat antioksidan yang kuat.

Dr. Frank Shallenberger M.D. dari Nevada Center of Alternative & Anti-Aging Medicine menyebutkan bahwa sayuran yang rasanya mirip dengan buah melon mentah itu mampu menahan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh sebesar 90-98 persen.

Sementara pada kasus kanker pankreas, menurut penilitian yang dilakukan di University of Colorado itu, konsumsi pare mampu mengurangi resiko seseorang terkena kanker hingga 64 persen.

Sementara untuk penyakit non kanker, menurut Dr. Shallenberger, pare juga dapat digunakan untuk mengatasi infeksi kulit, gejala diabetes, penyakit asma, masalah perut juga tekanan darah tinggi. Mengkonsumsinya secara teratur akan memberikan khasiat yang lebih.

Tidak berhenti disitu, konsumsi pare juga dapat membantu tubuh dalam proses detoksifikasi liver, mengurangi rasa sakit yang disebabkan asam urat serta meningkatkan sirkulasi darah.

Jus pare, tambah Dr. Shallenberger, bahkan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi kita dari infeksi. Sementara kandungan beta karotin yang dimiliki pare mampu mengatasi masalah pengelihatan yang memburuk.