oleh

DPR Berharap Capim KPK Selesai Sebelum 30 September

Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI Trimedya Panjaitan berharap semua proses uji kepatutan dan kelayakan calon pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bisa diselesaikan oleh Anggota DPR RI periode 2014-2019 ini.

Alasannya menurut politikus PDI Perjuangan itu, karena Anggota Komisi III DPR periode 2014-2019 ini yang lebih mengetahui kondisi dan kebutuhan lembaga antirasuah itu.

“Kalau saya, sebaiknya calon pimpinan KPK itu selesai oleh DPR periode sekarang. Sebab kami lebih tahu kondisi KPK sekarang dan figur seperti apa yang diperlukan KPK,” kata Trimedya, di Media Center DPR RI, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan – Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Dia jelaskan masa jabatan Anggota DPR sekarang berakhir pada tanggal 30 September 2019. Terhitung 1 Oktober 2019, DPR sudah diisi oleh Anggota Dewan baru periode 2019-2024.

Baca Juga :   Politikus PKS Dorong Pemerataan Pasokan Listrik Jawa Timur

Dari sisi ketersediaan waktu lanjutnya, relatif cukup asal calon pimpinan KPK yang dikirim nanti ke DPR cukup menguasai bidangnya. “Semoga saja calon pimpinan KPK yang dikirim ke DPR nanti ngerti tentang KPK lalu apa fungsi mereka. Soal ilmu pengetahuan pastilah itu,” ujar dia.

Pimpinan KPK jilid V nanti menurut Trimedya,harus bisa melakukan konsolidasi terutama menyangkut para penyidik. “Mampu tidak KPK itu jadi orkesra sehingga menyanyikan terbaik kepada masyarakat. Jangan ada lagi penyidik kelompok ini dan itu. KPK harus membangun national building,” imbuh dia.

Namun terlepas dari semua proses tersebut, ini nanti kata Trimedya, juga sangat tergantung dengan Presiden dan Sekretariat Negara tidak lama-lama menahan para calon pimpinan KPK pilihan Panitia Seleksi (Pansel) ini.

Loading...