oleh

Kunjungi Mabes Bakamla RI, UNSW Australia Tawarkan Sejumlah Kerja Sama

Jakarta – Kepala Bakamla RI atau Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R. menerima kunjungan delegasi University of New South Wales (UNSW) Australia, di Markas Besar Bakamla RI, Gedung Perintis Kemerdekaan, Jl. Proklamasi No.56, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

Kunjungan delegasi UNSW kali ini, merupakan tindak lanjut dari rapat internal yang telah dilakukan sebelumnya. Pembahasan meliputi penjajakan kerja sama yang dituangkan dalam kerangka Nota Kesepahaman.

Delegasi UNSW terdiri dari Naval Architecture, and Ships Design Expert David Lyons; Wireless Communication, and Radar Expert Jinhong Yuan; Light Metal, Aluminium Alloys, and Steel Expert Michael Ferry; Corrosion Expert Sammy Chan; Composite Materials Expert Mohammad Islam; dan Armour Expert yang sekaligus menjadiaKetua Delegasi Sean Li.

Baca Juga :   Buntut Bocornya Pipa PGN, DPR Panggil Lagi Dua Menteri

Keenam delegasi membawakan paparannya masing-masing berdasarkan bidang yang digeluti. Disaksikan langsung oleh Laksdya Taufiq, kegiatan ini juga disaksikan oleh jajarannya seperti Kepala Biro Sarana & Prasarana Laksma Bakamla Amrein, S.E., Direktur Litbang Laksma Bakamla Drs. E. Brata Mandala, Direktur Strategi Lakmsa Bakamla M. Sandy Latief, Kasubdit Informasi Kolonel Bakamla Muhammad Ali, S.H., dan Kasubdit Kerja Sama Luar Negeri Kolonel Bakamla Satya Pratama, S.Sos., M.Sc.

Dalam pertemuan, UNSW menawarkan beberapa bentuk kerja sama berupa pelatihan singkat dalam desain penelitian, proposal building, dan pelatihan atau seminar lainnya yang berhubungan dengan peningkatan kapasitas di bidang keamanan dan keselamatan laut.

Adapun bentuk kerja sama jangka panjang yang ditawarkan yaitu penelitian bersama dalam perancangan arsitektur kapal patroli, instalasi radar sensing system, pengembangan dan penerapan Internet of Things (IoT), dan material pertahanan.

Baca Juga :   Sampai Tahap Akhir Pemilu, Kapolri dan Panglima TNI Jamin Keamanan Negara

Laksma E. Brata Mandala selaku Direktur Litbang, juga membahas kemungkinan adanya kerja sama di bidang pendidikan jenjang S2, dan program doktoral. Hal ini mendapatkan respon positif dan akan dibahas lebih lanjut dalam pertemuan berikutnya.

Setelah itu, para delegasi diajak untuk mengunjungi Kantor Pengelolaan Informasi Marabahaya Laut (KPIML) yang diterima oleh Kasi Pemantauan Data dan Jaringan Satelit Letkol Bakamla Tuti Ida Halida S.T., M.I.T.M. Pada kesempatan ini, Letkol Tuti menjelaskan tugas dan fungsi  KPIML dalam mendukung kegiatan yang dilakukan Bakamla RI/IDNCG.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh ABF First Sectretary Inspector Ben Finlay, ABF First Secretary Inspector William Temperley, ABF Project Officer Karl Brandt, dan ABF Intern Kellie Stockham-Velle.

Loading...
loading...