oleh

Senator Maluku Utara: Untuk Pengintegrasian, Anggota DPD Layak Jadi Ketua MPR

Jakarta – Anggota MPR RI dari Kelompok DPD RI Ir Stefanus BAN Liow, MAP mengatakan untuk menjembatani berbagai kebutuhan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, maka selayaknya yang diminta Ketua MPR RI Periode 2019-2024 mendatang adalah dari Kelompok DPD RI.

Jika dari Kelompok DPD RI yang menjadi Ketua MPR RI ujar dia, maka dapat memudahkan pengintegrasian, pengaktifan dan pengintegrasian menyalurkan perubahan dan kebijakan penggunaan mempertimbangkan amandemen UUD 1945.

Menurut Stefanus Liow yang terpilih lagi sebagai Senator periode 2019-2024 dari Daerah Pemilihan Provinsi Sulawesi Utara itu, ada tiga isu pokok perubahan UUD 1945. “Pertama rekonstruksi Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional Model GBHN, kedua rekonstruksi Kewenangan MPR RI dan ketiga rekonstruksi Sistem Lembaga Perwakilan,” ujar Stefanus, Jumat (19/7/2019).

Baca Juga :   Delegasi Pekerja PT Freeport Indonesia Sambangi DPD

Isu-isu utama lanjutnya, yaitu aspirasi masyarakat di daerah dan kelas akademisi kompilasi RDP dan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Kunjungan kerja dan dialog kebangsaan serta berbagai kajian lainnya.

Lebih lanjut Liow mengatakan bahwa Kelompok DPD RI memiliki jumlah 136 Anggota dan terbanyak dibandingkan dengan fraksi-fraksi partai politik di MPR. Meski menghargai untuk menyatukan pandangan, pendapat dan pilihan bukan hal yang mudah. Satu kelompok tetapi dapat diakui memiliki 136 fraksi.

“Namun demi kepentingan masyarakat, negara dan negara, 136 Senator itu bisa saja dapat bersatu,” tegasnya.

Ditanya figur-figur yang layak menjadi Ketua MPR RI dari Kelompok DPD RI, Stefanus Liow mengatakan banyak anggota yang terpilih memiliki pengetahuan, keterampilan dan karakter yang selama ini tidak diragukan lagi nilai-nilai kebangsaan dan kenegaraannya.

Baca Juga :   Diduga Ini Penyebab para Gubernur Dorong Istrinya Jadi Anggota DPR

“Sebut saja Prof Dr Jimly Asshiddiqie, Letjen Purn TNI Dr Nono Sampono, M.Si, GKR Hemas, Dr Ir Mahyudin, ST, Dr Teras Narang, SH dan masih banyak lagi,” pungkasnya.

Loading...
loading...