IRONMAN 70.3 Janjikan Track Yang Memanjakan Wisatawan

BINTAN – Perhelatan akbar IRONMAN 70.3 kembali bakal kembali menyapa pencinta sport tourism. Digelar di Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), track menjanjikan bakal menjadi suguhan yang menyapa para peserta.

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya, perhelatan yang digelar 25 Agustus 2019 bakal menjanjikan. Apalagi perhelatan ini diadakan di Lagoi yang merupakan pusat pengembangan pariwisata. Spotnya menakjubkan dengan hamparan pantai berpasir putih, laguna, fasilitas lengkap, dan hotel kelas satu.

“IRONMAN 70.3 sudah pasti bakal membuai para peserta. Tracknya memang dirancang khusus menyusuri keindahan Bintan. Sangat keren. Makanya perhelatan ini selalu dibanjiri peserta dari berbagai negara,” kata Menpar Arief, Jumat (16/8).

Bagai mana tidak berkelas, di cabang bersepeda, para peserta akan melewati rute sepanjang 90 kilometer. Dimana 70 kilometer di antaranya adalah kawasan permukiman penduduk di pesisir pantai serta perkampungan. Bonusnya rimbunnya hutan bakau dan deretan pohon kelapa. Mereka pun akan menikmati pemandangan perbukitan yang begitu indah di Bintan.

Mereka pun akan melibas track renang yang fantastis di teluk Lagoi. Cabang lari pun tak kalah berkelas. Tracknya cukup menantang di dalam kawasan Lagoi. Apalagi tahun ini panitia menyediakan sejumlah titik rain shower yang menyemprotkan air di jalur lomba untuk menyegarkan para peserta.

“Gensi IRONMAN 70.3 Bintan selalu meningkat setiap tahunnya sebagai balapan ikonik di Asia Tenggara. Selain balapan utama, tahun ini acara juga akan disorot dengan sejumlah kegiatan sampingan. Ini termasuk Meet the Pro di mana peserta dapat bertemu dan berbaur dengan triatlet profesional. Bahkan peserta berkesempatan mendapatkan foto dan tanda tangan dari mereka. Jadi banyak sekali pembaharuan yang akan memanjakan peserta,” kata Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuty.

Terpisah, Deputi Bidang Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani Mustafa mengatakan, lomba triatlon yang satu ini nggak cuma menarik perhatian wisatawan lokal, tetapi juga mancanegara. Bahkan, IRONMAN 70.3 Bintan dinobatkan sebagai balap triatlon jarak jauh terbaik di Asia, dengan pesona alam yang mengagumkan. Hal ini semakin menobatkan Kepri sebagai salah satu destinasi sport tourism terbaik di Indonesia.

“Penyelenggaraan event sport tourism memperkuat posisi Bintan bahkan Kepri sebagai destinasi kelas dunia. Perhelatannya selalu dibanjiri wisatawan. Ini jelas membawa dampak positif bagi pariwisata Bintan dan juga Kepri,” ujar Rizki.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bintan, Wan Rudi Iskandar menuturkan pemerintah daerah selalu siap dalam menyambut event Ironman 70.3. Menurutnya, tingkat kepuasan para peserta setiap tahunnya sangat tinggi. Terlebih event ini sudah masuk tahun ketiga. Dan, menjadi bagian dalam Top 100 dan Top 10 Calender of Event Kementerian Pariwisata.

“Wisatawan yang datang minimal stay di Bintan itu tiga hari. Pertama dia latihan, lalu lomba, dan terakhir istirahat sambil liburan. Kalau wisatawan mancanegara itu jarang sendiri, pasti bawa supporter atau orang lain. Makanya kami pun selalu berusaha memberikan yang terbaik. Sekaligus kami drive untuk memperkenalkan berbagai potensi lain pariwisata Bintan,” pungkasnya.(*)