oleh

Kisruh Calon Anggota BPK, DPD RI: Jangan Libatkan Kami dalam Polemik Internal DPR

Jakarta – Ketua Komite IV Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Ajiep Padindang mengingatkan Ketua DPR dan Pimpinan Komisi XI DPR RI bersikap tegas dalam mengambil keputusan hasil seleksi calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sebab kata Ajiep, Surat Ketua DPR RI Nomor PW/14238/DPR Rl/Vlll/2019, tertanggal 29 Agustus 2019 kepada Ketua DPD RI, Oesman Sapta, DPR RI menyerahkan dua versi calon anggota BPK.

Dikatakan Ajiep, pimpinan DPD telah merumuskan balasan surat Ketua DPR Nomor: PW/14238/DPR Rl/Vlll/2019, tentang pencalonan anggota BPK, tertanggal 29 Agustus 2019. Dalam surat tersebut ujarnya, DPD meminta ketegasan DPR untuk mengirimkan satu versi nama-nama calon anggota BPK yang akan mendapatkan pertimbangan DPD.

Baca Juga :   Tak Ada Cendramata, Anggota DPR Filipina dan Senator Asal Jambi Tukaran Ini

“Jangan libatkan kami dalam polemik di internal DPR. Komite VI DPD akan menindaklanjuti surat dan memberikan pertimbangan terhadap nama-nama calon anggota BPK yang diajukan, jika mereka (DPR,red) sudah satu suara. Sudah tidak ada perbedaan pandangan antara pimpinan DPR dengan pimpinan Komisi XI dan fraksi-fraksi yang ada di sana,” kata Ajiep, menjawab pertanyaan wartawan, di Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Diingatkannya, ketidaktegasan DPR menyikapi seleksi calon anggota BPK berdampak besar terhadap tahapan dan batas waktu pemilihan calon anggota DPD. Padahal, lanjutnya, Undang-Undang (UU) Nomor 15 tahun 2006 tentang BPK khususnya Pasal 14 mengatur, anggota BPK dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD. Pertimbangan DPD diberikan, paling lama satu bulan terhitung sejak tanggal diterimanya surat dari pimpinan DPR.

Baca Juga :   Fadli Zon: Menaikkan Iuran BPJS Melawan Logika Sosial

“Masalahannya, dalam surat yang dikirim Ketua DPR kepada Ketua DPD, itu, DPR menyampaikan dua daftar nama calon. Satu daftar berisi 32 nama calon, daftar lainnya berisi 62 nama calon anggota BPK. Ketidaktegasan ini membuat DPD tak dapat menjalankan tahapan selanjutnya. Karenanya, DPD mengirim surat balasan, meminta kepastian satu daftar nama calon anggota BPK,” ungkapnya.

Loading...