oleh

Ini Bukti, DPD RI Terus Jalin Kerja Sama Strategis dengan Daerah

Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI DR Reydonnyzar Moenek menyatakan pihaknya terus menjalin kerja sama strategis dengan daerah-daerah. Buktinya ujar dia, DPD RI menerima audiensi berbagai institusi daerah sebagaimana yang terjadi hari ini menerima audiensi Badan Musyawarah (Banmus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Barat.

Donny panggilan akrab Reydonnyzar Moenek mengatakan, pertemuan dengan Banmus DPRD Provinsi Kalimantan Barat digelar dalam rangka berbagi informasi mengenai pengelolaan pemerintahan daerah yang bisa dilakukan oleh DPRD bersama dengan DPD RI, terutama terkait perjuangan aspirasi dari masyarakat yang diwakili.

Mantan Penjabat Gubernur Sumatera Barat itu mengatakan, bahwa pertemuan tersebut adalah bukti adanya kemitraan strategis yang dibangun DPD RI dengan daerah-daerah dalam menyelesaikan masalah di daerah-daerah.

“Meskipun kita berbeda tugas, pokok, fungsi (Tupoksi), dan peran maupun kewenangan, namun dari apa yang keinginan teman-teman Kalimantan Barat dalam mendapatkan berbagai informasi itu bagian yang tidak terpisahkan dari komitmen mereka untuk memperkuat struktur DPRD ke depan, dan bagaimana memperkuat serta mengakselerasikan dan mendinamisasi semua yang berkaitan dengan aspirasi,” kata Donny, di Gedung DPD RI, Kompleks Parlemen, Senayan – Jakarta, kemarin.

Baca Juga :   Anak Buah Prabowo Bilang Indeks Gini Masuk Lampu Kuning

Dalam pertemuan tersebut, Donny bersama DPRD Provisi Kalimantan Barat membahas mengenai posisi DPRD dalam pemerintah daerah, meliputi pembahasan regulasi daerah, anggaran, dan fungsi pengawasan pemerintah daerah. Sedangkan Donny menjelaskan dan menegaskan komitmen DPD RI dalam perjuangan kebijakan alokasi dana transfer daerah.

“Kalau kita lihat tadi bagaimana paparan data yang kita sampaikan, bagi hasil pajak dari sumber daya alam relatif kecil, sedangkan rentang luas geografis Kalimantan Barat begitu luas. Dengan kekayaan alam yang begitu signifikan, apakah itu sawit, perkebunan, pertambangan, kehutanan. Namun dari sisi kontruksi bagi hasil pajak pusat ke daerah itu relatif kecil,” kata peraih Elshinta Award itu.

Donny mengatakan bahwa DPD RI terbuka untuk bersama-sama membangun daerah, termasuk memperkuat posisi dan kedudukan DPRD Provinsi Kalimantan Barat melalui kemitraan strategis. DPD RI ujarnya, merupakan bagian daerah yang juga bertujuan untuk mengembangkan daerah untuk lebih maju.

Baca Juga :   Senator DKI Dukung Kostum PNS ‘Persija Day’

“DPD RI adalah lembaga tempat menyerap aspirasi, dan ini rumah rakyat. Sebagaimana diamanatkan Pak Ketua, agar menerima semua elemen, termasuk teman-teman DPRD dari Kalimantan Barat. Terlebih lagi Pak Ketua DPD RI kita berasal dari Provinsi Kalimantan Barat. Sudah menjadi kewajiban bagi kami sebagai Sekjen untuk mengamankan dan menjalankan apa yang menjadi mandat beliau terhadap apa yang menjadi aspirasi dan harapan dari teman-teman DPRD Kalimantan Barat,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Banmus DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Suma Jenny Heryanti, mengatakan kehadiran DPRD Provinsi Kalimantan Barat bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai seluk-beluk bidang legislatif dan eksekutif dalam pengelolaan pemerintahan daerah. Informasi tersebut akan digunakan sebagai dasar dalam pelaksanana tugas dan fungsi DPRD dalam membangun daerah.

Baca Juga :   Terima Delegasi ke WorldSkills 2019, Presiden Jokowi Ingin Talenta Indonesia Dapat Bersaing

“Kami mendapat masukan terkait fungsi dan tugas pokok DPRD. Kami akan membandingkan, karena aturan-aturan juga kami yang membuat. Badan Musyawarah ini adalah dapurnya DPRD, kami akan mengatur bagaimana kegiatan legislasi kami dalam prolegda, menyusun Banmus di DPRD dengan harapan pembangunan di daerah lebih maju, dan setidaknya pendapatan asli daerah meningkat,” imbuh Suma, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat itu.

 

Loading...
loading...