oleh

Meski Diprotes, Senator Mervin: Terima Kasih, Pimpinan DPD RI Sahkan Tatib

Jakarta – Sidang Paripurna Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Rabu, 18 September 2019 yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPD Senator Ahmad Muqowam telah mengesahkan Peraturan Tata Tertib DPD berdasarkan usulan Badan Kehormatan sesuai dengan ketentuan Pasal 334 ayat (1) huruf a Peraturan DPD RI Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Tata Tertib.

Proses perubahan Peraturan Tatib DPD RI tersebut menurut Ketua Badan Kehormatan DPD RI Mervin I. S. Komber, telah dilakukan sesuai dengan mekanisme sebagaimana diatur dalam Tata Tertib DPD RI. “Pada tahap awal Badan Kehormatan membentuk Tim Kerja yang Anggotanya berasal dari Anggota Badan Kehormatan yang terpilih kembali menjadi Anggota DPD RI Periode 2019-2024,” kata Mervin, kepada wartawan.

Loading...
Baca Juga :   Willgo Sebut Dana Desa Sering Dipolitisasi Kompetiter Kades

Dalam melakukan penyusunan dan pembahasan Tatib DPD RI lanjutnya, Tim Kerja membuka ruang bagi Anggota DPD yang terpilih kembali dan Pimpinan Alat Kelengkapan untuk memberikan masukan yang dilaksanakan di Bali dan Banten.

Pada tanggal 17 September 2019, Badan Kehormatan DPD RI ujar dia, melakukan rapat dengan Panitia Perancang Undang-Undang untuk melakukan harmonisasi Tatib. “Naskah perubahan Tata Tertib juga telah dibagikan kepada Anggota DPD RI sebelum Paripurna DPD RI,” ungkapnya.

Karena itu, Mervin menyesalkan keberatan atau protes dari beberapa Anggota DPD RI karena beberapa dari mereka justru hadir dalam pembahasan Tatib DPD RI.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pimpinan dan seluruh Anggota DPD RI atas disahkannya Tatib DPD RI yang dilakukan secara musyawarah mufakat
(tidak voting). Walaupun ada beberapa Anggota DPD RI yang interupsi dalam pengesahan tersebut,” imbuhnya.