oleh

Muqowam: Jangan Tunggu Amandemen, DPD RI Laksanakan Apa yang Sudah Ada

Jakarta – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Akhmad Muqowam mengatakan penting pelaksanaan tugas DPD RI yang sesuai dengan mandat UUD 1945 dan UU MD3. Salah satunya menurut Muqowam, setiap Anggota DPD RI harus benar-benar fokus memperjuangkan isu-isu kepentingan daerah.

“Sebagai representasi daerah yang memperjuangkan hak-hak daerah di tingkat pusat, seharusnya DPD RI melaksanakan fungsi berdasarkan kepentingan daerah, bukan perspektif sektoral sebagaimana ruang DPR RI,” kata Muqowam, saat menjadi narasumber dalam Orientasi Anggota DPD RI periode 2019-2024, di Hotel JW Marriot, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Loading...

Agar hal itu terjadi ujarnya, dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya, keberadaan DPD RI harus diperjelas dan konstitusional. Struktur dan operasional DPD RI ujarnya, harus berbeda dengan DPR RI sehingga bisa secara powerfull bersama masyarakat dan daerah.

Baca Juga :   Amandemen Konstitusi, Ali Taher: Tergantung PDIP, Golkar dan Gerindra

Terkait dengan isu Amandemen UUD 1945 untuk menguatkan DPD RI, Muqowam menyatakan setuju. Tetapi dia meminta agar DPD RI tidak terjebak pada isu tersebut dan melupakan kepentingan daerah yang menjadi tujuan utama DPD RI.

“Terkait dengan Amandemen UUD 1945, itu baik sebagai upaya menambah kekuatan dan peningkatan kualitas DPD RI, tetapi laksanakan dulu apa yang sudah ada hari ini,” pinta Muqowam.