oleh

Sebelum Perikanan Diributkan, Ana Latuconsina Pernah Semprot Menteri Susi

Liputan.co.id, Jakarta – Masalah perikanan Maluku kembali menjadi pembahasan hangat di tingkat nasional, setelah Gubernur Maluku Murad Ismail nyatakan perang melawan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti terkait kebijakannya soal perizinan operasi kapal di laut Maluku.

Menanggapi keributan tersebut, Anggota DPD-RI asal Maluku Anna Latuconsina mengatakan, masalah perikanan di Provinsi Maluku ini sudah diributkan oleh dirinya sejak lama, namun tidak direspon oleh Menteri Susi.

“Sebagai Anggota DPD-RI asal Maluku saya sudah beberapa kali Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementerian, tapi sampai sekarang tidak diselesaikan dengan baik,” kata Ana Latuconsina saat dihubungi, Kamis (5/9).

Bahkan, lanjut Latuconsina, semua program Pemerintah Pusat (Pempus) di Maluku, khususnya bidang perikanan tidak berjalan dengan baik alias gagal , antara lain infrastruktur yang dibangun di Maluku rusak jadi besi tua tanpa digunakan.

Baca Juga :   Nono Sampono: DPD RI dan DPR RI Bukan Kuat-kuatan

“Pelabuhahan penambatan ikan, salah satunya , contoh di Desa Kawa, Kab Seram Bagian Barat (SBB) itu . Kapal yg diberikan kepada nelayan konstruksinya tidak sesuai dg kebiasaan nelayan di Maluku , kapal diberikan tanpa ijin operasional .

Selain itu , Anna menyampaikan kebijakan moratorium yang dilakukan oleh Pempus lewat KKP sangat merugikan masyarakat Maluku, karena kebijakan tersebut terjadi pengangguran.

“Banyak anak-anak Maluku sudah tidak ikut lagi dengan kapal, otomatis terjadi pengangguran,” akuinya.

Kalau di tanyakan masalah LIN , jawaban pempus tidak pernah jelas , masalah apa yang menjadi hambatan ,
sehingga sulit mendapat kan jawaban dari pemerintah pusat tentang LIN .

Untuk itu, keputusan Gubernur melawan Pempus terkait masalah perikanan dan kelautan di Maluku ini sejalan dengan apa yang diperjuangkan oleh Anna Latuconsina selama ini. “Saya sering berteriak disetiap RDP dg kementrian soal kebijakan Menteri Susi di Maluku,” tegasnya.

Baca Juga :   Ingin Tahu Keberhasilan DPR, Menteri Susi Diminta Fadli Datang Ke Dewan

“Kebetulan saya di Komite II dan salah satu bidangnya soal kelautan dan perikanan, yg bermitra dg Kementrian Kelautan dan perikanan. (***)

Loading...
loading...