oleh

5 Cara Makan Sehat untuk Menjaga Gaya Hidup Kita

Saat ini gaya hidup semakin berubah. Jika dahulu, seseorang perlu untuk bekerja dengan menggunakan fisik yang kuat seperti bertani dan berkebun, kini tidak lagi. Pekerjaan menjadi lebih banyak menggunakan skill lain yang tidak memerlukan penggunaan fisik lagi.

Seperti duduk di depan komputer, menulis laporan, dan memanfaatkan Internet. Semua bisa dilakukan dengan santai tanpa melakukan aktivitas yang terlalu berat.

Loading...

Sayangnya ini menjadikan kita kurang beraktivitas dan olah raga. Hal ini tentu tidak sehat dan bisa berbahaya bagi tubuh. Karenanya, semua perubahan ini perlu dibarengi dengan gaya hidup yang sehat sehingga kesehatan kita di masa depan tidak mudah menurun.

Ini lah beberapa tips gaya hidup yang perlu dilakukan agar kita semakin sehat dalam hidup.

1.    Makan Beragam Jenis Makanan

Untuk kesehatan, kita membutuhkan lebih dari 40 nutrisi berbeda, dan tidak ada satu makanan yang memenuhi itu semua.

Baca Juga :   Tumbuhan Liar Ini Ternyata Punya Khasiat, Baca Deh

Karenanya, kita perlu memakan beberapa jenis makanan dalam sehari. Kita biasa mengenalnya dengan sebutan empat sehat, lima sempurna.

Tapi selain itu, kita juga bisa mengkonsumsi makan siang dengan kadar lemak yang tinggi, diikuti dengan makan malam rendah lemak. Selain itu, kita bisa memvariasikan jenis makanan misal dari daging merah menjadi ikan-ikanan.

2.    Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran adalah jenis makanan yang memiliki banyak vitamin, mineral, dan serat. Paling tidak, kita perlu mengkonsumsinya lima porsi sehari.

Misalnya, segelas jus segar di pagi hari, sebuah apel dan sepotong semangka untuk snack, dan seporsi sayuran di setiap makan.

3.    Kurangi Garam dan Gula

Konsumsi garam yang tinggi bisa meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Cara paling mudah untuk menguranginya adalah mengkonsumi produk dengan kandungan sodium rendah, mengganti garam dengan rempah lain saat memasak, dan tidak menambahkan garam saat makan.

Baca Juga :   Kalo Ngopi, Barengi dengan Makan… Ini Alasannya

Sementara itu, gula memang memberikan rasa yang lebih enak, tapi makanan dan minuman manis memberikan banyak energi, dan sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu sering. Untuk memberikan rasa manis, kita bisa mengkonsumsi buah sebagai gantinya.

4.    Minum Banyak Air Putih

Orang dewasa perlu minum paling tidak 1,5 liter air setiap harinya. Atau bahkan lebih saat cuaca panas atau sangat aktif. Air putih sendiri merupakan hal yang paling penting. Kita bisa meminumnya dengan sangat baik dengan ditambah beberapa jenis minuman lain seperti teh, jus buah, dan minuman lainnya. Tapi ingat, air putih adalah yang utama.

5.    Makan Teratur dan Atur Porsi

Makan secara teratur dan dengan porsi yang terkontrol adalah formula terbaik untuk diet sehat.

Baca Juga :   Ciri-ciri Buah Zakar yang Terpelintir, Segera Periksa!

Melewati makan, terutama sarapan, bisa membuat kita kelaparan, dan makan dengan porsi banyak di siang dan malam hari. Memakan kudapan di antara jam makan bisa mengontrol rasa lapar, tapi tidak boleh menggantikan makanan utama.

Kita bisa mengganti kudapan dengan makanan dan minuman sehat seperti yoghurt, buah segar atau buah kering, sayuran, kacang, atau bahkan roti.

Kita juga perlu untuk menjaga porsi makan kita sehingga kita bisa memperhatikan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Dan kita jusa bisa mengkonsumsi banyak makanan tanpa harus mengurangi makanan lainnya.

Cara paling mudah untuk mengatur porsi makan adalah dengan memasak secukupnya, menggunakan piring kecil untuk mengatur porsi makan, berbagi dengan teman saat makan di luar,  dan tidak makan terlalu banyak di luar jam makan lain.