5 Teknologi yang Diprediksi Akan Ada di Masa Depan

Para ilmuan dan pemikir sudah memprediksi perkembangan teknologi di masa mendatang. Mereka memprediksi bahwa perkembangan teknologi akan menjadi sangat menarik, atau bahkan menakutkan. Itu semua akan memanfaatkan mesin, ilmu, dan teknologi untuk meningkatkan atau menggantikan aktivitas dan produk di dekat kita.

Apakah teleportasi yang sudah dekat perkambangannya, atau beragam penemuan lain seperti beragam teknologi yang sangat membantu kita, semua sangat mungkin.

Dahulu, video tape adalah salah satu revolusi di dunia industri dan mengubah gaya hidup orang. Kini, video tape sudah ketinggalan zaman. Karena teknologi terus berkembang.

Lalu, perkembangan teknologi seperti apa yang akan diprediksi ada di masa depan? Berikut ini adalah perkiraan perkembangan teknologi beberapa tahun ke depan.

1.    Zero-Size Intelligence

Dikutip dari astc.org, para peneliti sedang mengembangkan chip pintar dengan ukuran yang hampir nol. Pengembangan ini akan merevolusi perkembangan beragam gadget pintar di masa depan. Dengan chip yang kecil, maka ukuran dari komputer, laptop, kamera, smartphone, dan beragam gadget pintar lainnya akan berubah drastis. Menjadikannya mudah untuk dibawa, digunakan, dan memiliki lebih banyak fitur dalam satu gadget.

2.    Eksplorasi Angkasa

Saat ini, banyak perusahaan besar yang berlomba untuk mencari sebuah alat transportasi terbaik untuk masyarakat. Hanya saja, kali ini bukan untuk bertransportasi dari satu tempat ke tempat lain di bumi, tapi dari bumi ke luar angkasa.

Para peneliti sedang terus mengembangkan teknologi agar biaya menuju ke luar angkasa tidak terlalu mahal dan mudah dijangkau. Mungkin, dalam beberapa dekade ke depan, perjalanan ke luar angkasa sudah bisa dinikmati oleh banyak orang, dengan biaya yang mahal.

Tapi seiring waktu, harga tersebut akan bersaing karena nantinya tidak hanya Nasa.gov atau lembaga antariksa negara saja yang akan meneliti ini, tapi juga perusahaan privat dan perorangan sudah mulai melakukan pengembangannya.

3.    Membaca Pikiran

Kini, para peneliti juga sedang mengembangkan berbagai alat untuk membaca pikiran. Seperti diberitakan PBS.org, mesin pembac pikiran bukan berarti membuat kita bisa membaca pikiran seseorang secara gamblang. Namun lebih kepada alat yang bisa mengetahui apa yang diinginkan oleh pemiliknya. Sehingga sangat bisa membantu seseorang dalam menjalankan aktivitas, karena gadget yang dimilikinya sudah memahami apa yang diinginkan.

4.    Translator Universal

Dilansir dari popsci.com, para peneliti juga terus mengembangkan teknologi translator atau penerjemah dalam berbagai bentuk. Kini, kita bisa menggunakan beragam translator digital dan mengetikkan tulisan ke gadget kita.

Tapi, para peneliti terus menyempurnakannya. Menghubungkannya dengan suara, gerakan bibir, dan juga otak. Nantinya, para pengguna gadget tidak perlu lagi repot-repot untuk menerjemahkan kata-kata, tapi bisa berkomunikasi secara langsung dan akan diterjemahka secara langsung pula.

Seperti menggunakan alat dari Doraemon.

5.    Robot Avatar

Diperkirakan bahwa di masa depan kita akan bisa menggunakan avatar bukan hanya pada game saja. Saat perkembangan robot sudah semakin canggih, kita akan bisa mengendalikan robot tersebut sekaligus menjadikannya avatar atau representasi kita di dunia maya atau bahkan nyata.

Nantinya kita bisa mengendalikan robot tersebut dari jarak jauh untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya, untuk berbelanja, untuk mengambil barang, atau bahkan untuk menikmati hiburan dari jarak jauh.

Jadi, kita tidak perlu repot-repot untuk melakukannya secara langsung, tapi kita bisa memanfaatkan medium robot tersebut. Hal ini tentu akan memudahkan mereka yang senang tinggal di rumah. Menjadikannya bisa melakukan aktivitas tanpa perlu khawatir akan cuaca yang buruk.